Senin 27 Sep 2021 10:01 WIB

Perumnas Gelar Ratusan Akad Kredit Massal Secara Drive Thru

Akad secara drive thru diharapkan memudahkan konsumen mendapatkan hunian.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Perumnas menggelar akad kredit secara drive thru/lantatur
Foto: Perumnas
Perumnas menggelar akad kredit secara drive thru/lantatur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro mengatakan Perumnas terus gencar memberikan kemudahan bagi para calon konsumennya melalui berbagai inovasi pelayanan. Budi menyampaikan Perumnas menggelar acara akad kredit massal KPR secara drive thru (lantatur) untuk ratusan konsumennya di empat proyek perumahan strategis Perumnas secara serentak. 

"Akad kredit secara drive thru ini merupakan inovasi Perumnas untuk mempermudah konsumen dalam memiliki hunian di tengah pandemi Covid-19," ujar Budi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/9).

Budi mengatakan saat ini ruang gerak masyarakat masih terbatas menyusul kebijakan pemerintah yang masih memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, Perumnas tetap berinovasi mengedepankan pelayanan konsumen agar penyaluran kredit perumahan tetap berjalan secara keseluruhan. Budi menyebut saat ini masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Tanpa mengesampingkan hal tersebut, kami berinovasi menyelenggarakan akad kredit drive thru agar proses penyaluran kredit rumah tetap berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan tetap menghadirkan notaris sehingga semua berjalan dengan lancar," ucap Budi.

Kata Budi, Perumnas bekerja sama dengan Bank BTN menggelar akad kredit drive thru serentak di 4 lokasi proyek, yaitu proyek Samesta Dramaga Bogor, Samesta Pesawaran Residence Lampung, Samesta Pondok Indah Cianjur dan Samesta Pasadana Bandung.

"Kami akan menggenjot kinerja dengan melebarkan kerjasama dengan tidak hanya dengan institusi perbankan tetapi juga institusi keuangan lainnya ke depannya," ungkap Budi.

Budi mengatakan proyek Samesta Dramaga Bogor menjadi salah satu proyek unggulan dengan lokasi yang strategis berada di dekat kampus IPB dan dilengkapi fasilitas jogging track, masjid, playground, serta area komersil menjadi tambahan nilai untuk perumahan ini. 

Tidak hanya itu, lanjut Budi, pada proyek lainnya di Samesta Pesawaran Residence, Samesta Pondok Indah Cianjur dan Samesta Pasadana pun Perumnas menyediakan berbagai fasilitas dengan konsep klaster untuk menunjang kebutuhan para penghuni.

"Akad kredit massal ini tidak hanya berfokus pada unit nonsubsidi, namun juga pada unit rumah subsidi. Kami optimistis potensi akad kredit hingga akhir tahun ini dapat tumbuh," ucap Budi.

Budi menilai hal ini didorong dengan tidak hanya kombinasi portfolio produk Perumnas yang terdiri atas rumah tapak dan rumah susun, tetapi juga jangkauan wilayah Perumnas yang tersebar tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia.

Selain itu, sambung Budi, pemerintah telah memberikan beragam relaxasi seperti perpanjangan keringanan PPN hingga akhir desember 2021, relaksasi LTV yang memungkinkan potensial konsumen untuk mendapatkan KPR dengan uang muka DP nol persen.

Kata Budi, Perumnas tetap menyediakan porsi hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah sebesar 20 persen dari masing-masing proyek perumahan. Fasilitas perumahan subsidi dari Perumnas ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang belum memiliki rumah dengan bunga yang rendah serta fixed selama masa cicilan berlangsung melalui kredit pemilikan rumah.

Budi optimistis kehadiran adanya akad drive thru akan menjangkau pasar yang lebih luas, khususnya untuk konsep pemasaran retail di masa pandemi yang masih berlangsung.

"Di tahun ini, sektor properti kembali tumbuh dan kami meyakini berbagai inovasi yang kami kembangkan akan sangat bermanfaat bagi para calon konsumen yang sedang mencari produk perumahan Perumnas," kata Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement