Senin 27 Sep 2021 04:01 WIB

Mourinho Tuding Ada Peran Wasit dalam Kekalahan AS Roma

AS Roma harus mengakui keunggulan Lazio, 2-3, dalam lanjutan Serie A Liga Italia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih AS Roma Jose Mourinho.
Foto: Spada/LaPresse via AP
Pelatih AS Roma Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, menilai, dari segi performa, timnya tampil lebih baik dibanding Lazio di edisi perdana Derby della Capitalle musim ini. Namun, sejumlah keputusan kontroversial wasit, klaim Mourinho, membuat I Giallorossi harus mengakui keunggulan Lazio, 2-3, pada laga Senin (27/9) dini hari WIB.

Dalam laga lanjutan Serie A Liga Italia itu, Roma menyerah via gol yang masing-masing dicetak Sergej Milinkovic-Savic, Pedro Rodriguez, dan Felipe Anderson. I Giallorossi hanya mampu membalas lewat gol sundulan Roger Ibanez dan gol penalti Jordan Veretout.

Namun, Mourinho menyebut, wasit seharusnya menganulir gol kedua Lazio, yang dicetak Pedro. Menurut pelatih asal Portugal itu, sebelum gol yang lahir dari serangan balik cepat itu, Elseid Hysaj melakukan pelanggaran terhadap Nicolo Zaniolo.

Wasit Marco Guida, yang memimpin laga, juga alpa dalam memberikan kartu kuning kedua kepada Lucas Leiva. Eks gelandang Liverpool itu dinilai menyikut salah satu penggawa Roma.

Mourinho pun merujuk pada dua kartu kuning yang didapatkan Lorenzo Pellegrini lantaran melakukan pelanggaran serupa di laga kontra Udinese, tengah pekan ini. Akibat diusir wasit dalam laga tersebut, gelandang asal Italia itu tidak bisa memperkuat Roma di partai ini.

''Sayangnya, laga fantastis ini dirusak oleh kepemimpinan wasit dan VAR, yang tidak berada dalam level yang tepat. Untuk gol kedua mereka, kami seharusnya mendapatkan tendangan penalti, bukan malah kebobolan lewat serangan balik. Kami layak mendapatkan hasil yang lebih baik dan keputusan wasit begitu menentukan hasil di laga ini,'' ujar Mourinho seusai laga seperti dikutip Football Italia, Senin (27/9).

Baca juga : Pelatih Persib Soroti Kemampuan Ciro Alves

Eks pelatih Inter Milan itu menegaskan, timnya tampil lebih baik dibanding Lazio di laga ini. Keberhasilan para penggawa Roma untuk bisa bangkit dan mencetak gol balasan setelah sempat tertinggal dua gol menjadi sorotan utama Mourinho.

Pelatih berjuluk the Special One itu bahkan mengaku tidak khawatir dengan performa anak-anak asuhnya, terutama di sektor pertahanan, kendati kebobolan tiga gol di laga ini. '

'Saya rasa, kami tim yang lebih baik di atas lapangan pada laga ini. Kami bisa mendominasi dan terus menyulitkan mereka. Mereka mungkin bisa menguasai permainan pada pengujung laga, seperti yang mereka harapkan. Wasit juga membiarkan hal itu terjadi,'' kata mantan pelatih Chelsea dan Manchester United tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement