Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

BPJS Kesehatan-Uncen Kolaborasi Tingkatkan Kualitas SDM

Ahad 26 Sep 2021 19:28 WIB

Red: Gita Amanda

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

Foto: BPJS Kesehatan
Kerja sama yang dilakukan berorientasi pada ruang lingkup meningkatkan kualitas SDM

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan studi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdal Abdullah dalam siaran pers di Jayapura, Ahad (26/9), mengatakan kolaborasi ini dilakukan dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman. "Maksud dan tujuan dari nota kesepahaman ini adalah sebagai pedoman dalam mewujudkan kerja sama dan sinergi bagi kedua pihak dalam pelaksanaan program peningkatan SDM dan studi JKN," katanya.

Baca Juga

Menurut Andi, kerja sama yang dilakukan akan berorientasi pada ruang lingkup untuk peningkatan kualitas SDM melalui proses pembelajaran di Uncen seperti kuliah umum, seminar, simposium, workshop, studi banding, studi lapangan, analisa dan belajar serta internship program oleh kedua pihak menjadi bagian dari studi JKN.

"BPJS Kesehatan melihat Uncen sangat berperan dalam membantu peningkatan SDM BPJS Kesehatan, di mana ada beberapa Pegawai BPJS Kesehatan yang berstatus mahasiswa, baik mahasiswa strata dua (S2) maupun strata tiga (S3)," ujarnya.

Dia menjelaskan bahkan dari program studi (Prodi) S3, salah satu pegawai BPJS Kesehatan sementara dalam proses penyelesaian disertasi, hal ini berarti sudah menjadi calon doktor lulusan Uncen, kemudian untuk Prodi S2 sudah sangat banyak pegawai BPJS Kesehatan lulusan Uncen.

"Kolaborasi yang dilakukan dengan Uncen, BPJS Kesehatan siap membantu Uncen dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi," katanya lagi.

Dia menambahkan deputi direksi wilayah dan kepala cabang juga sudah diarahkan untuk dapat menerima permintaan dari pihak fakultas untuk mengajar sesuai bidang yang bersentuhan dengan program JKN. Sementara itu, Rektor Uncen Apolo Safanpo mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang peduli dengan peningkatan kualitas SDM dan bermitra dengan Uncen.

"Kerja sama ini sangat penting, kami sebagai peserta BPJS Kesehatan akan mendapat manfaat jaminan sosial maupun kesehatan dasar," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap dengan penandatangan ini, kedua pihak dapat saling memberikan manfaat untuk peningkatan kinerja pada institusi masing-masing. "Data-data yang akurat yang disampaikan oleh pihak BPJS Kesehatan akan sangat berguna sebagai informasi yang akan diolah dengan benar yang akan ditransformasi menjadi rancangan-rancangan kebijakan yang diatur oleh pemerintah dalam bidang kesehatan," ujarnya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA