Jumat 24 Sep 2021 14:10 WIB

BI Komitmen Tingkatkan Peran UMKM di Masa Pandemi

KKI didesain sebagai media penguatan jaringan kerja sama bisnis dan potensi daerah.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. BI menggelar puncak acara Karya Kreatif Indonesia secara virtual pada 23-26 September 2021.
Foto: Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. BI menggelar puncak acara Karya Kreatif Indonesia secara virtual pada 23-26 September 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk terus mendorong UMKM agar dapat bangkit dan terus optimistis terutama pada masa pandemi. Komitmen tersebut diwujudkan dengan diselenggarakannya Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2021 sebagai one stop virtual event yang berkualitas, terstruktur, dan terintegrasi.

KKI juga didesain sebagai media penguatan jaringan kerja sama bisnis dalam kerangka penguatan potensi daerah. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, BI tidak pernah lelah menghadirkan produk UMKM berkualitas yang dapat diakses secara mudah. "Dari mana saja, kapan saja, melalui website Karya Kreatif Indonesia (KKI), didukung oleh sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal," kata Perry dalam Pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, Kamis (23/9) secara virtual.

Baca Juga

Puncak KKI 2021 diikuti oleh 525 UMKM dari seluruh Nusantara, baik dari UMKM binaan Bank Indonesia, kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah. Pameran secara virtual ini dapat diakses melalui laman KKI dari 23-26 September 2021.

Perry mengatakan BI terus berkomitmen untuk memajukan UMKM nasional guna menjadi daya dukung ekonomi Indonesia. Komitmen tersebut diwujudkan dengan meningkatkan peran aktif seluruh Kantor Perwakilan BI baik di daerah maupun di luar negeri.

"Dukungan terhadap UMKM dilakukan melalui klasterisasi dan peningkatan kapasitas baik produksi, keuangan hingga pemasaran nasional dan global, serta melalui digitalisasi UMKM," kata Perry.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement