Jumat 24 Sep 2021 07:53 WIB

Pakar: Kinerja Airlangga Hasilkan Citra Positif

Priyadarshni Academy dinilai jadi pengakuan kinerja Airlangga dari internasional.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai kinerja yang ditunjukkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berbuah citra positif. Menurutnya, secara komunikasi, Airlangga tidak pernah menonjolkan dirinya sendiri. Tetapi menonjolkan kinerja dan menyerahkan masyarakat untuk menilai kinerjanya.

Menurut Emrus, hal inilah yang membuat Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini tidak bekerja untuk pencitraan. “Airlangga tidak bekerja untuk pencitraan, tapi sebaliknya bekerja untuk menimbulkan citra,” tutur Emrus dalam keterangan, Jumat (24/9).

Emrus menambahkan, Airlangga juga mampu berperan sebagai pemimpin yang baik. Airlangga ini menjelma sebagai seorang dirigen dari orkestra untuk perekonomian nasional. Hal ini sudah dibuktikan dengan capaian ekonomi nasional selama menghadapi pandemi Covid-19. Menko Perekonomian Airlangga bisa membuat Indonesia keluar dari ancaman krisis selama pandemi. Bahkan, pertumbuhan ekonomi nasional bisa mencapai 7,07 persen pada kuartal kedua 2021.

Dosen tetap pascasarjana UPH ini menilai dilihat dari sisi ilmu komunikasi, fakta kinerja perekonomian Airlangga menjadi lambang nonverbal bagi publik. Emrus menambahkan, jadi wajar jika kinerja Airlangga membuahkan ganjaran penghargaan Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery oleh lembaga dari India.

“Saya yakin Priyadarshni Academy sangat independen, dalam mengumpulkan data, fakta, dan bukti serta semua pasti diverifikasi kebenarannya,” tegas Emrus. Ia menambahkan, penghargaan ini bentuk pengakuan dunia internasional atas prestasi dan kinerjanya. Bahkan, Emrus menilai respons Airlangga dalam menerima penghargaan ini juga patut diacungi jempol.

Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini tak pernah mengeklaim keberhasilannya sebagai keberhasilan pribadi. Emrus mengatakan, Airlangga justru mengaku penghargaan yang diterimanya untuk bangsa Indonesia. “Kita harus jujur mengakui di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto dalam mengkoordinir bidang perekonomian Indonesia sangat sukses, karena ada pertumbuhan ekonomi yang sangat bagus,” ujar Emrus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement