Kamis 23 Sep 2021 22:30 WIB

LPEI Dukung Program Vaksinasi di Kawasan Wisata

LPEI juga menyalurkan bantuan berupa tabung oksigen dan masker.

Rep: Novita Intan / Red: Satria K Yudha
LPEI menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Kabupaten Samosir.
Foto: Dok LPEI
LPEI menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Kabupaten Samosir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendukung program vaksinasi di Kawasan Wisata Danau Toba dan Pulau Samosir. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi naiknya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke wilayah tersebut.

Direktur Pelaksana IV LPEI Henry Sihotang mengatakan, kegiatan vaksinasi ini untuk mempercepat pencapaian kekebalan kelompok. Hal ini mengingat kawasan tersebut merupakan objek wisata yang memberi kontribusi ekonomi dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Dalam rangka HUT ke-12, LPEI melalui program CSR #LPEIPeduli, kami berkomitmen mendukung program vaksinasi yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir untuk mempercepat tercapainya herd immunity,” ujarnya saat konferensi pers virtual, Kamis (23/9).

Menurutnya, bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua ratus dosis di Desa Sihotang, LPEI juga menyampaikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Samosir berupa 20 tabung oksigen dan 10 ribu masker kain. “Kami berharap program vaksinasi dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh warga Samosir," katanya.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom mengapresiasi kontribusi LPEI dalam mempercepat vaksinasi di daerahnya. “Kami pastikan, baik dukungan vaksinasi, masker maupun tabung oksigen, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat maupun tenaga kesehatan di Kabupaten Samosir dalam menghadapi pandemi Covid-19," ucapnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana membuka kembali pariwisata untuk wisatawan asing. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pembukaan kembali pariwisata di Indonesia akan dilakukan secara bertahap apabila situasi pandemi di dalam negeri tetap terkendali. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement