Rabu 22 Sep 2021 18:12 WIB

Masjid Cambridge Masuk Nominasi Bangunan Terbaik Inggris

Desain masjid terinspirasi dari gagasan oasis yang tenang dan taman surga.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Cambridge Masuk Nominasi Bangunan Terbaik Inggris. Masjid Hijau di Cambridge
Foto: Arab News
Masjid Cambridge Masuk Nominasi Bangunan Terbaik Inggris. Masjid Hijau di Cambridge

REPUBLIKA.CO.ID, CAMBRIDGE -- Royal Institute of British Architects (RIBA) mengumumkan daftar penghargaan Stirling yang berfokus pada bangunan baru terbaik di Inggris. Penghargaan ini diberikan kepada arsitek dan bangunan yang dianggap paling signifikan tahun ini untuk evolusi arsitektur dan lingkungan binaan.

Dari daftar tersebut ada Masjid Pusat Cambridge. Ketua RIBA Jo Bacon mengatakan setiap proyek telah memberikan standar lingkungan terbaik seraya menciptakan solusi arsitektur yang sesuai dengan kondisi. Masjid Pusat Cambridge yang dirancang oleh arsitek Marks Barfield tampaknya menjadi situs favorit untuk menang tahun ini.

Baca Juga

Pada 2009, Marks Barfield Architects memenangkan tender untuk mendesain masjid dengan konsep oasis yang tenang di dalam rerimbunan pepohonan. “Ini adalah pertanyaan tentang seperti apa seharusnya masjid Inggris di abad ke-21. Islam adalah bagian dari budaya Inggris dan telah berlangsung selama ratusan tahun,” kata salah satu pendiri Marks Barfield Architects Julia Barfield kepada Dezeen.

Proyek ini mulai ditugaskan pada 2008 dan selesai pada 2019. Biaya total pembangunan mencapai 23 juta dolar AS dengan lebih dari 10 ribu sumbangan swasta, publik, lokal dan internasional. Penyumbang utama proyek, termasuk pemerintah Turki, bisnis swasta Turki, dan Dana Nasional Qatar.

Pertumbuhan populasi di Cambridge juga diperhitungkan dalam permintaan dengan lebih dari 60 kebangsaan Muslim yang berbeda di komunitas Cambridge. Ini berarti masjid dapat memfasilitasi hingga 1.000 orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement