Rabu 22 Sep 2021 17:27 WIB

Tiga Penyanyi Indonesia Jadi Pengisi Soundtrack Shang-Chi

Ketiga musisi membuat lagu tanpa melihat terlebih dulu film Shang-Chi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue, mengisi soundtrack film Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.
Foto: Marvel/88Rising
Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue, mengisi soundtrack film Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga musisi muda berbakat Indonesia yakni Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue, mengisi soundtrack film Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Namun karena ketatnya aturan Marvel pada film-filmnya, mereka tidak diizinkan menonton filmnya.

Bagi Rich Brian, itu justru hal menantang. Meskipun sulit, dia dan dua rekan musisi lainnya berhasil membuat soundtrack-nya. "Ini tantangan yang besar untuk kami, jadi kami hanya berimajinasi,” ujarnya dalam "Marvel Studios Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings Music Collaboration Press Gathering with 88Rising", Rabu (22/9).

Ketiganya tidak melihat keseluruhan filmnya sampai film itu dirilis. Jadi mereka hanya mengetahui film ini adalah Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings yang merupakan superhero Asia pertama, dan ini adalah sebuah big deal. Hanya bermodal itu, mereka harus menggambarkan lagu dengan filmnya.

Tantangan lain yang dia rasakan adalah proses penggarapan lagu-lagu dalam album tersebut dikerjakan secara jarak jauh. Hal serupa dirasakan NIKI. Dia menyebut produksi ini sebenarnya terasa sangat ironis. Mereka melakukan pekerjaan besar untuk membuat soundtrack sebuah film besar mendunia Marvel, tapi dikerjakan dengan tren sesuai pandemi ini Do It Yourself (DIY).

 

“Ini mengingatkanku pada EP (album mini) pertamaku. Aku mengerjakan EP pertamaku di dalam kamarku, proses ini mengingatkanku pada masa itu, tapi ini keren," ujar NIKI.

NIKIjuga tidak melihat keseluruhan film sampai premiere. Dia mencoba mencari bagian yang spesifik dan general, dengan membayangkan kepribadian Shang-Chi dan mencoba menempatkan dirinya pada posisi Shang-Chi. 

Dia mencari apa yang penting bagi Sang-Chi, apa pesan yang ingin disampaikannya pada dunia, khususnya tentang karakter superhero Asia pertama. "Itu sangat personal juga untuk aku. Mencoba memasukkan isi kepalaku ke isi kepalanya, begitu juga sebaliknya,” ujar pelantun “Every Summertime” ini.

Untuk merayakan film yang telah dinanti para penggemar, Marvel Music/Hollywood Records dan Interscope Records merilis official motion picture soundtrack untuk Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings  yang mencakup karya-karya orisinal terinspirasi dari film tersebut. 

Dirilis pada 3 September secara global, album ini menampilkan Rich Brian, NIKI, Warren Hue, dan jajaran musisi berbakat lainnya,  termasuk Anderson .Paak, Swae Lee, Jhené Aiko, Mark Tuan, Saweetie, Audrey Nuna, Guapdad 4000, keshi, 21 Savage, Rick Ross, DJ Snake, dan masih banyak lagi.

Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings disutradarai oleh Destin Daniel Cretton dan diproduseri oleh Kevin Feige dan Jonathan Schwartz, bersama Louis D’Esposito, Victoria Alonso dan Charles Newirth sebagai produser eksekutif. David Callaham dan Destin Daniel Cretton & Andrew Lanham merupakan penulis naskah untuk film ini. Film ini tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 22 September 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement