Rabu 22 Sep 2021 06:42 WIB

Berawal dari Malang Raya, KOZII Melebarkan Sayapnya

Pemkot dan KOZII.ID memiliki pemahaman yang sama tentang kekuatan komunitasnya.

Wali Kota Malang beserta jajaran menerima tim KOZII di rumah dinas
Foto: Istimewa
Wali Kota Malang beserta jajaran menerima tim KOZII di rumah dinas

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- KOZII.ID sebagai platform pemasaran berbasis komunitas terus mengembangkan sayap bisnisnya. Memulai perjalanan dari Malang Raya Jawa Timur, KOZII.ID berharap dapat terus berlayar ke seluruh Indonesia untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat lainnya demi Indonesia yang lebih baik.

Konsep pentahelix atau multipihak yang diusung Pemerintah Kota Malang dengan melibatkan Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mengembangkan potensi lokal Desa dan kawasan perdesaan.

"Potensi dan sinergisitas penta helix yang ada di Malang sejalan dengan visi misi membangun negeri yang diusung KOZII.ID. Seperti yang kita jumpai di Kota Malang melalui kegiatan pemasaran yang memberdaya kalangan komunitas dari berbagai lapisan masyarakat khususnya. Pemkot dan KOZII.ID memiliki pemahaman yang sama tentang kekuatan komunitas dari suatu masyarakat," ujar Komisaris Utama KOZII.id Supomo usai sosialisasi ke Malang Raya dalam rilisnya, Selasa, (22/9).

"Komunitas adalah pasar yang harus dibangun, ditumbuhkan dan dimandirikan sebelum menuju kepada suatu tatanan masyarakat madani," tambah Supomo.

Malang salah satu Kota terbesar di Jawa Timur, mengusung konsep “Tribina Cita” yaitu kota pendidikan, destinasi wisata, dan industri jasa, sosialisasi KOZII.ID dirasa sangat tepat sasaran dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat.

Destinasi pertama tim KOZII bertandang ke kediaman rumah dinas Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji pada Senin (13/9) malam. Tim KOZII.ID berkesempatan untuk melakukan sosialisasi kepada Bapak Walikota beserta jajarannya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Prof. Dr. Ir. Muhammad Bisri, MS sebagai mantan Rektor Universitas Brawijaya yang saat ini aktif menjadi pengasuh pondok pesantren Bahrul Magfiroh Malang dan Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Jawa Timur.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Leader In Smart Governance dalam progam Indonesia Visionary Leader 2021. Program KOZII.ID yang sejalan dengan konsep Malang Smart City khususnya dalam bidang teknologi dan ekonomi kreatif.

Menyadari potensi alam dan memanfaatkannya secara maksimal melalui pembangunan karakter masyarakat, KOZII.ID dalam sosialisasinya menyampaikan bahwa industri dan kreatif khususnya UMKM memiliki peran yang cukup signifikan terhadap perkembangan PDB Nasional yang tentunya sangat berdampak pada kehidupan masyarakat khususnya dalam segi perekonomiannya.

"Melalui dukungan serta peran pemerintah setempat, pemberdayaan masyarakat yang merupakan suatu proses dimana masyarakat, khususnya mereka yang kurang atau belum memiliki akses ke sumber daya pembangunan, didorong untuk meningkatkan kemandiriannya didalam mengembangkan perikehidupan mereka," kata Supomo.

Pemberdayaan masyarakat juga merupakan proses siklus terus menerus, proses partisipasi di mana anggota masyarakat bekerja sama dalam kelompok formal maupun informal untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan tujuan yang sama.

KOZII.ID hadir memberikan nilai melalui tujuan dan harapan baru dengan slogan “BERSAMA KITA SUKSES” melalui program Sukses, Bertumbuh dan Mandiri. Dimana KOZII.ID berharap pemerintah daerah dapat berperan aktif serta bersinergi untuk mendorong pertumbuhan tersebut dengan menjadi inkubator sekaligus akselerator para pelaku industri kreatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement