Selasa 21 Sep 2021 12:53 WIB

BNP Paribas AM Luncurkan Reksa Dana ETF

Reksa dana produk ETF diperdagangkan dengan nilai Rp 500 per unit penyertaan.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Karyawan melintasi layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (11/6/2021). PT BNP Paribas Asset Management hari ini meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF.
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Karyawan melintasi layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (11/6/2021). PT BNP Paribas Asset Management hari ini meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT BNP Paribas Asset Management hari ini meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF. Instrumen investasi berupa Reksa Dana Exchange Traded Fund (ETF) ini diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk memberikan eksposur bagi para investor ke 30 perusahaan dengan tema Pertumbuhan.

Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF ini merupakan produk ETF pertama dari PT BNP Paribas AM. Produk ETF ini telah terdaftar di BEI dengan kode perdagangan XBIG dan mulai diperdagangkan per 21 September 2021. Adapun nilai nominalnya sebesar Rp 500 per unit penyertaan.  

Baca Juga

Berdasarkan data yang dikelola oleh OJK, dalam lima tahun terakhir, produk ETF di Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif, naik sebesar 114 persen menjadi Rp14,8 triliun per Agustus 2021 dari sebelumnya yang hanya sekitar Rp6,4 triliun per tahun 2016.

Peluncuran ETF ini menegaskan kembali upaya berkelanjutan BNP Paribas AM untuk menawarkan solusi investasi yang inovatif bagi para investor. Presiden Direktur PT BNP Paribas AM, Priyo Santoso, mengatakan ETF semakin populer di kalangan investor Indonesia, terutama untuk investor institusi. 

Untuk itu, perusahaan menghadirkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF sebagai alternatif dan peluang diversifikasi bagi para investor untuk menangkap momentum pertumbuhan dari 30 perusahaan dengan tema Pertumbuhan. 

"Berinvestasi di ETF menawarkan beberapa keunggulan seperti transaksi secara real-time, dimana harga juga tersedia secara real-time di Bursa, sehingga memungkinkan investor untuk bertransaksi intra-day, selama jam perdagangan bursa," kata Priyo, Selasa (21/9). 

Tujuan investasi Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF adalah untuk menghasilkan kinerja yang mengikuti kinerja indeks IDX Growth30. Siklus ekonomi yang terus bergerak membuat investor akan selalu membutuhkan pilihan emiten dengan tren kinerja dan fundamental yang beragam. 

Dengan berinvestasi di Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF, yang mengikuti pergerakan indeks IDX Growth 30, perusahaan ingin memperkenalkan investor pada manfaat dari berinvestasi dengan tema Pertumbuhan. 

"Hal ini kami yakini dapat dicapai dengan mengacu pada Indeks IDX Growth30 yang berisi 30 saham yang sudah terseleksi oleh BEI dan memiliki tren pertumbuhan laba yang baik," tambah Priyo.

Dalam meluncurkan produk ETF-nya yang pertama ini, PT BNP Paribas AM bekerja sama dengan PT Indo Premier Sekuritas (IPS) sebagai Dealer Partisipan. IPS merupakan salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia yang telah berpengalaman menjadi Dealer Partisipan untuk 27 ETF sejak tahun 2007. 

ETF adalah produk Reksa Dana dalam bentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unitnya diperdagangkan di bursa efek. Meski ETF merupakan Reksa Dana, ETF memiliki kelebihan dalam hal transaksi dan harga, dimana harganya tersedia secara real time dan ditransaksikan layaknya jual-beli saham di bursa efek.

Transaksi ETF tersedia di pasar primer melalui Dealer Partisipan, dan di pasar sekunder melalui perusahaan sekuritas (broker). Investor institusi dapat melakukan pembelian unit penyertaan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF melalui pasar primer dan pasar sekunder, sedangkan investor individu hanya melalui pasar sekunder. 

Sementara, Indeks IDX Growth30 adalah indeks yang diluncurkan oleh BEI, yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki tren pertumbuhan laba bersih dan pendapatan relatif terhadap harga dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik. Sebelumnya pada Mei, PT BNP Paribas AM juga telah meluncurkan reksa dana indeks baru, yaitu Reksa Indeks BNP Paribas IDX Growth30. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement