Senin 20 Sep 2021 16:53 WIB

Pemprov Dukung Film Kabayan Milenial Angkat Budaya Jabar

Film ini akan ditayangkan di TVRI nasional pada 25 September 2021.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pemprov Dukung Film Kabayan Milenial Angkat Budaya Jabar (ilustrasi).
Foto: www.rizwardtsilver.blogspot.com
Pemprov Dukung Film Kabayan Milenial Angkat Budaya Jabar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Setiap orang Sunda, pasti akan mengenal sosok Kabayan. Tokoh imajinatif dari budaya Sunda yang dianggap lucu, polos namun jujur dan cerdas tersebut tak lekang dimakan zaman. Bahkan, kini sosok tersebut akan kembali hadir di televisi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun, turut menyokong pembuatan film Kabayan Milenial Bersinar yang telah rampung pada bulan Oktober lalu. Rencananya, film ini akan ditayangkan di TVRI nasional pada 25 September 2021 pada pukul 22.00 WIB. 

Menurut Produser Kabayan Milenial Bersinar, Yayat Hidayat, film yang dikemas menjadi sketsa komedi tersebut dibintangi oleh sejumlah pemeran asal Jawa Barat. Selain itu, semua pihak yang terlibat dalam produksi Kabayan Milenial Besinar ini.

Menurutnya, melalui film ini pihaknya memiliki idealisme untuk mengekspos budaya Jawa Barat yang sangat kaya.

"Kebudayaan Jawa barat itu kan banyak sekali yang bisa kita gali, salah satunya cerita tentang kabayan yang menjadi legenda kita dan itulah yang menjadi garapan kita Aria Production bersama kawan-kawan," ujar Yayat saat peluncuran film Kabayan Milenial Bersinar, Senin (20/9).

Yayat mengatakan, pihaknya melihat si Kabayan merupakan icon dari Jawa Barat. Namun, sangat disayangkan masyarakat menganggap kabayan adalah sosok yang bodoh, deso, males maupun lugu. 

"Di mata masyarakat kabayan ini adalah sosok yang bodoh dan layak ditertawakan. Padahaol si kabayan itu terkesan banyak akal," katanya. 

Oleh karena itu, kata dia, melalui film ini pihaknya merasa perlu untuk merekontruksi ulang mengenai sosok Kabayan dengan situasi dan kondisi yang relevan dengan zaman sekarang. Di mana dalam film ini, menunjukan Si Kabayan mampu beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19 yang memang membuat banyak pihak kesulitan.  

"Si Kabayan itu mampu mengatasi situasi, bagaimana diceritakan sebagai Petani Milenial yang mendistribusikan hasil bumi-nya melalui online," katanya.

Yayat berharap harkat dan martabat Jawa Barat bisa kian terangkat. Hingga masyarakat Jawa Barat bisa lebih percaya diri di saat berkompetisi di level nasional maupun internasional. 

Yayat juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jabar  yang sejauh ini telah menyokong secara serius produksi dari film Kabayan Milenial Bersinar ini. 

"Pemprov Jabar menunjukan memilki konsen yag sangat baik terhadap nilai-nilai kebudayaan, kemudian saya mengucapkan terimakasih kepada pemain yang sudah terlibat pada pembuatan film ini," paparnya.

Film ini Kabayan ini, akan diperankan oleh Farihi, sementara Reka Ayu Adella menjadi Nyi Iteung. Selain itu, juga dibintangi oleh seniman asal Jabar lainnya, seperti Ki Daus, Ceu Edoh dan Andini. 

Sementara menurut Asisten Daerah (Asda) Bidang Administrasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar Dudi Sudrajat Abdurachim, Pemprov Jabar mendukung film Kabayan ini. Karena, mengangkat budaya Sunda. 

"Kami ucapkan selamat dengan dibuatnya film Kabayan ini. Semoga warga Jabar bisa mengambil nilai-nilai dan pesan dari film Kabayan ini," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement