Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dian Nurmala Hikmah

Andai Pandemi Pergi (Indonesiaku Berubah)

Lomba | Saturday, 18 Sep 2021, 14:08 WIB
Ilustrasi pandemi.

1 tahun berlalu Indonesia menghadapi Pandemi sampai saat ini bahkan seluruh dunia (Internasional) covid-19 merajalela diberbagai negara. Dengan adanya pandemi diindonesia telah berubah baik politik, sosial, ekonomi dan pendidikan. Dulunya indonesia bebas melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan tapi sekarang harus terbatas dengan waktu dan ruang karena harus mematuhi protokol kesehatan.

Pandemi membawa dampak yang banyak baik dari segi positif ataupun negatif. Dampak negatifnya yaitu sangat berbahaya bagi kesehatan mental ataupun fisik hingga berujung kematian, pendidikan terbatas karena dilaksanakan secara online (daring) bahkan tidak efektiv dan efisien bagi anak-anak, siswa maupun mahasiswa dan banyak pengeluaran terutama beli handphone, kuota ataupun pulsa. Sedangkan dampak positifnya juga banyak terutama bisa berkumpul dengan keluarga dalam jangka waktu panjang dan lebih hati-hati menjaga kesehatan tubuh agar imun tetap terjaga dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Andai pandemi pergi atau berakhir indonesia pasti kembali normal bisa beraktivitas kembali seperti semula dan begitu pula berakhirnya perjuangan para pahlawan kita melawan pandemi ini (Dokter, Perawat, Pemerintah dan Masyarakat yang berpartisipasi).

Ilustrasi para relawan pandemi

Aku, Indonesia dan masyarakat seluruh dunia berharap pandemi segera berakhir agar semuanya kembali normal seperti dulu tanpa harus semuanya terbatas dilakukan, agar kita semua damai, tenang dan bisa melihat dunia tersenyum kembali.

Oleh: Dian Nurmala Hikmah

#LombaMenulisOpini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image