Sabtu 18 Sep 2021 13:10 WIB

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat di Pegunungan Sumut

Hujan lebat dapat terjadi pada sore dan malam hari pada akhir pekan ini.

Pengendara melintas jalan yang diguyur hujan lebat (ilustrasi).
Foto: Antara/Umarul Faruq
Pengendara melintas jalan yang diguyur hujan lebat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengingatkan warga agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah pegunungan, lereng timur, lereng barat, dan pantai barat Sumatera Utara. Kondisi itu dapat terjadi pada sore dan malam hari.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza mengatakan, secara umum cuaca pada siang hari di Sumatera Utara berawan, hujan ringan, hingga sedang.

"Kondisi itu terjadi di Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Asahan, Labuhanbatu Utara, Batubara, Sergai, Deli Serdang, Medan, Simalungun, Paluta Selatan, Paluta, dan sekitarnya," kata dia dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Medan, Sabtu (18/9).

Sore-malam hari potensi hujan ringan hingga lebat berpeluang terjadi di Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Asahan, Labuhanbatu Utara, Batubara, Sergai, Deli Serdang, Medan, Langkat, Simalungun, Paluta Selatan, Paluta, dan sekitarnya.

 

Dini hari umumnya berawan, sedangkan hujan ringan hingga sedang berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Suhu udara 24-33 derajat selsius, kelembapan udara 65-98 persen dan angin berembus dari tenggara-barat laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement