Sabtu 18 Sep 2021 12:52 WIB

Di Usia 31 Tahun, Telkom Didorong Menjadi Digital University

Telkom University harus menjadi yang terdepan dalam penguasaan teknologi digital

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Telkom University.Telkom University yang berada di Bojongsoang, Kabupaten Bandung diharapkan dapat menjadi Digital University di hari ulang tahunnya yang ke 31 tahun. Harapan tersebut disematkan seiring kondisi teknologi digital di Indonesia yang berkembang pesat di semua lini kehidupan masyarakat.
Foto: Telkom
Telkom University.Telkom University yang berada di Bojongsoang, Kabupaten Bandung diharapkan dapat menjadi Digital University di hari ulang tahunnya yang ke 31 tahun. Harapan tersebut disematkan seiring kondisi teknologi digital di Indonesia yang berkembang pesat di semua lini kehidupan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Telkom University yang berada di Bojongsoang, Kabupaten Bandung diharapkan dapat menjadi Digital University di hari ulang tahunnya yang ke 31 tahun. Harapan tersebut disematkan seiring kondisi teknologi digital di Indonesia yang berkembang pesat di semua lini kehidupan masyarakat.

"Kita ingin agar Telkom University menjadi Digital University yang terdepan di Indonesia bukan hanya terdepan dalam bagaimana cara menyampaikan kuliah secara digital atau secara online. Telkom University harus menjadi yang terdepan dalam penguasaan teknologi digital dan harapan salah satu sumber inovasi di dalam bidang digital," ujar Komisaris Utama PT Telkom Indonesia, Bambang Brojonegoro saat memberikan sambutan di HUT Telkom University ke 31 tahun secara digital, Sabtu (18/9).

Ia menuturkan, Telkom University harus bisa menjadi lokomotif terdepan terkait teknologi digital. Selain itu, Telkom University diharapkan bisa memperkuat dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan membawa Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045.

Bambang mengatakan ke depan Indonesia akan memiliki keuntungan bonus demografi masyarakat usia muda atau produktif. Keuntungan tersebut harus dimanfaatkan dengan meningkatkan kualitas diri.

"Kondisi hari ini dengan bonus demografi dan tranformasi digital yang menantang dan market yang luas karena ekonomi Indonesia terus bertumbuh ini mungkin tidak terulang lagi. Ini golden moment kita tidak boleh melewati golden moment," katanya.

Ditengah perkembangan teknologi digital, ia mengajak Telkom University dan khususnya Telkom Group untuk membawa Indonesia menjadi maju. Ciri khas negara maju yaitu sebagai produsen, inovator dan negara yang menguasai market dunia.

"Kita tidak boleh menjadi pasar dari teknologi digital yang semakin maju menggurita tapi harus menjadi pemain yang signifikan penting dalam teknologi digital," katanya. Ia pun berharap kurikulum di Telkom University diarahkan kepada teknologi digital yang bisa menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat.

Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya mengatakan pihaknya memiliki visi menjadi kampus riset dan enterpreunership pada tahun 2023. Seiring waktu, berbagai penghargaan telah diperoleh oleh kampus yang telah menghasilkan 59 ribu alumni untuk menuju visi yang diinginkan.

"Alhamdulillah saat ini mendapat rekognisi nasional dalam 2 tahun, perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Masuk klaster mandiri pengelolaan penelitian di Indonesia 3 tahun berturut-turut capai ini sejalan dengan visi universitas," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement