Sabtu 18 Sep 2021 04:16 WIB

Kemenag: Kompetisi Sains Bisa Bangun Citra Madrasah

Kompetisi Sains Madrasah diharapkan mampu membangun citra madrasah

Ribuan siswa mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM)
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Ribuan siswa mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM)

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung menilai Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi yang akan digelar pada 19-20 September 2021 dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya umat Islam.

"Dalam konteks lebih luas KSM ini diharapkan mampu membangun citra madrasah sebagai lembaga pendidikan yang potensial untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung, Juanda Naim, Jumat (17/9).

Menurutnya, KSM tahun ini merupakan ajang siswa madrasah dalam meraih prestasi serta meningkatkan kualitas pendidikan, sekaligus menepis adanya anggapan masyarakat bahwa pendidikan madrasah berada pada level kelas dua.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini juga ajang guna membangun kemampuan siswa madrasah yang bertujuan untuk memotivasi anak didik untuk lebih mencintai ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olahraga sehingga tercipta anak bangsa yang unggul khususnya di bidang Iptek dan Imtaq.

"Mari kita tunjukkan bahwa madrasah sekarang ini, sudah siap bersaing secara kompetitif dengan sekolah umum baik dalam bidang akademik maupun non akademik," kata dia.

Bahkan, Juanda pun menegaskan siswa-siswi madrasah sekarang mampu bersaing di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang futuristik dan globalistik sebagaimana slogan "Madrasah lebih baik, lebih baik Madrasah".

Ia mengatakan kegiatan ini dapat dijadikan momentum sebagai wahana lalu lintas madrasah di Lampung guna saling bertukar pengalaman dalam mengelola madrasah secara profesional dan mampu menjawab tantangan dewasa ini.

"Jadi saya meminta jadikan kegiatan ini sebagai momen saling bertukar pengalaman baik dari isi maupun strategi pembelajaran sehingga dapat berdampak positif pada kualitas siswa madrasah," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement