Jumat 17 Sep 2021 13:02 WIB

Kapal Pengayom IV Tenggelam, Dua Penumpang Tewas

Kapal Pengayom IV dari Dermaga Wijayapura menuju Sodong, Pulau Nusakambangan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kapal Pengayoman IV yang membawa duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, menuju Lapas Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (4/3).
Foto: Republika/Eko Widiyatno
Kapal Pengayoman IV yang membawa duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, menuju Lapas Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (4/3).

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Petugas gabungan yang terdiri atas Basarnas Cilacap, TNI/Polri, dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pulau Nusakambangan, serta dibantu nelayan sekitar mengevakuasi korban kapal Pengayoman IV yang terbalik dan tenggelam di perairan Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9) pagi WIB.

Koordinator Lapas Se-Nusakambangan, Jalu Yuswa Panjang mengatakan,, kapal Pengayoman IV yang terbalik hingga akhirnya tenggelam itu membawa tujuh penumpang dan dua truk.

"Kapal Pengayoman IV betul tenggelam setelah terbawa arus putar. Muatan di atasnya ada truk miring dan kapal ikut miring lanjut tenggelam," kata Jalu di Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jumat.

Dia mengatakan, lima orang dari tujuh penumpang kapal Pengayoman IV dapat diselamatkan. Sedangkan dua orang lainnya meninggal dunia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, lima korban selamat terdiri atas Subagyo Antoro yang merupakan nakhoda, Diki dan Melga selaku anak buah kapal, Suheris (sopir truk), serta Sulianto (penumpang).

"Sementara dua korban meninggal dunia terdiri atas Wahyu yang merupakan petugas lapas dan Kardim selaku sopir truk. Seluruh korban telah dievakuasi menuju RSUD Cilacap," tutur Nyoman.

Terkait kronologi kejadian, kata dia, berdasarkan keterangan dari saksi, kapal Pengayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayapura, Cilacap, menuju Dermaga Sodong, Pulau Nusakambangan, pada pukul 08.45 WIB, dengan membawa dua buah truk dan tujuh penumpang termasuk sopir serta awak kapal.

"Di tengah perjalanan kurang lebih 1,8 kilometer, kapal terhantam angin lalu terbalik," ucap Nyoman. Kendati demikian, pihaknya akan mengerahkan penyelam dari Basarnas, Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, Polres Cilacap, maupun komunitas guna memastikan kemungkinan adanya korban lain dalam kejadian tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement