Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Tips dan Trik Amankan Data Gadget Dari Pencurian dan Hilang

Kamis 16 Sep 2021 21:44 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Septian Rheno WD / Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Trainer & Praktisi Cyber Security

Septian Rheno WD / Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Trainer & Praktisi Cyber Security

Foto: UBSI
Maraknya pencurian data akibatkan mudahnya terjadi penyalagunaan kartu kredit

REPUBLIKA.CO.ID, Septian Rheno WD / Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Trainer & Praktisi Cyber Security

JAKARTA -- Keamanan komputer, ponsel dan tablet PC merupakan tanggung jawab penuh yang harus dilakukan oleh pengguna gadget itu sendiri. Apalagi jika gadget yang dimiliki mengalami pencurian ataupun hilang, tentu saja semua data pada gadget bisa dipersalahgunakan oleh orang lain. Para pencuri bisa mengakses alamat email, informasi kontak, dan informasi I-Banking atau media sosial. 

Maraknya pencurian data yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, mengakibatkan data pribadi sering disalahgunakan untuk membuat kartu kredit atau pinjaman online. Hal ini tentunya sangat merugikan individu yang mengalami pencurian atau kehilangan gadget. Data yang hilang bisa berupa username, password mobile banking dan data nomor rekening. 

Jika Anda pernah mendengar sebuah perusahaan atau karyawan perusahaan mengalami pencurian laptop, ponsel dan tablet PC yang berisi data pribadi perusahaan atau karyawan tersebut, maka itu merupakan bukti nyata bahwa pengguna tidak hanya mengamankan perangkat yang digunakan ketika melakukan aktivitas online, tetapi juga, pengguna harus waspada jika mengalami kejahatan pencurian secara tiba-tiba.

Pelaku pencurian bukan hanya akan menjual laptop, ponsel dan tablet PC hasil curiannya, tetapi pelaku mungkin saja menemukan informasi pribadi dari pemilik perangkat seperti alamat email, informasi kontak, informasi pribadi untuk akun online, kata sandi jejaring sosial atau I-Banking yang tersimpan di peramban web.

Apa yang harus dilakukan ketika Laptop dan Perangkat Mobile hilang atau dicuri?

Laporkan kehilangan atau pencurian kepada pihak Kepolisian terdekat, jika perangkat Anda berisi informasi akun perusahaan atau pelanggan yang seharusnya bersifat rahasia, maka segera laporkan kehilangan atau pencurian ke perusahaan agar segera diambil tindakan.

Ubah kata sandi semua akun termasuk cloud storage yang terhubung dengan perangkat yang hilang atau dicuri. Dan yang terpenting adalah lacak lokasi perangkat menggunakan ‘Find My Device’ menggunakan akun gmail atau iCloud untuk perangkat dari produk Apple.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA