Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Muslim AS Laporkan Gelombang Insiden pada Peringatan 9/11

Kamis 16 Sep 2021 19:52 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Muslim AS Laporkan Gelombang Insiden pada Peringatan 9/11

Muslim AS Laporkan Gelombang Insiden pada Peringatan 9/11

Foto: Foto : MgRol_94
Peringatan 9/11 selalu merupakan hari yang sangat sulit bagi Muslim AS.

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Peringatan 20 tahun serangan teror pada 11 September 2001 pada Sabtu (11/9) telah berlalu. Kendati begitu, Muslim Amerika masih dibayangi gelombang kebencian dan Islamofobia yang dilakukan terang-terangan yang kerap terjadi di sekitar momen ini.

Dewan Hubungan Amerika-Islam (Council on American-Islamic Relations/CAIR) cabang Austin melaporkan insiden kebencian terbaru pada Sabtu (11/9). Orang-orang yang lewat di luar Islamic Center of Greater Austin di Texas menemukan topeng kepala babi yang berlumuran darah dengan sebuah plang yang ditanam di tanah.

Baca Juga

Plang tersebut bertuliskan kalimat penuh kebencian. Menurut stasiun berita lokal KVUE-ABC, komite peninjau kejahatan kebencian pada Departemen Kepolisian Austin tengah menyelidiki aksi vandalisme tersebut. Namun, perlu lebih banyak bukti untuk itu dianggap sebagai kejahatan kebencian.

"Kejahatan semacam ini mempengaruhi keluarga, komunitas, dan seluruh bangsa kita," kata direktur CAIR, Zainab Chaudry, kepada NBC Asian America, dilansir Kamis (16/9).

Chaudry mengatakan, insiden itu bukan hal baru. Pasalnya, pemandangan pasca-9/11 bagi Muslim di AS sangat brutal. Baru-baru ini CAIR melaporkan sebagian besar Muslim telah mengalami diskriminasi sejak serangan 2001. Selain itu, survei pada 2020 menunjukkan penurunan tajam dalam kepuasan Muslim Amerika terhadap negara tersebut setelah mantan presiden Donald Trump menjabat pada 2017.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA