Kamis 16 Sep 2021 18:38 WIB

CDC Perbarui Pedoman Masker untuk Orang Amerika

Rekomendasi pedoman masker baru CDC datang usai varian Delta yang terus menyebar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
CDC memperbarui pedoman penggunaan masker untuk orang Amerika (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
CDC memperbarui pedoman penggunaan masker untuk orang Amerika (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) sekali lagi merombak pedoman penggunaan masker pada pekan ini. CDC meminta semua orang Amerika kembali mengenakan masker di ruang publik dalam ruangan dan di area luar ruangan yang ramai, terlepas dari status vaksinasi.

Rekomendasi pedoman masker baru CDC datang usai varian Delta yang terus menyebar. Lantaran vaksin masih dalam uji coba untuk anak di bawah 12 tahun, pejabat CDC juga memperbarui pedoman yang meminta semua siswa di kelas K-12 untuk mengenakan masker saat di sekolah musim gugur ini.

Varian Delta lebih menular dibandingkan bentuk lain dari SARS-CoV-2, virus di balik penyebaran Covid 19. Orang yang terinfeksi dengan jenis ini dapat membawa hingga 1.000 kali lebih banyak partikel virus di udara di saluran udara dibandingkan mereka yang terinfeksi dengan versi sebelumnya, menurut data yang muncul. 

Sementara vaksin mencegah sebagian besar dari semua gejala mematikan yang terkait dengan penyakit Covid 19, pejabat CDC baru-baru ini juga mengakui orang yang divaksinasi memang dapat menyebarkan penyakit itu kepada orang lain di sekitar mereka.

"Terlepas dari status vaksinasi, rekomendasi terbaik adalah terus mengenakan masker untuk melindungi orang yang Anda cintai dan diri Anda sendiri dari Covid-19 sebagai lapisan perlindungan tambahan," jelas Vivek Cherian, seorang dokter penyakit dalam yang berafiliasi dengan University of Maryland Medical System, dilansir di laman Delish, baru-baru ini.

Masker apa yang terbaik untuk melindungi dari varian Delta? Masker kain yang dibuat pada paruh pertama tahun 2020 tidak dirancang seketat sekarang.

Baru pada akhir 2020 dan awal 2021 pejabat CDC mulai membuat rekomendasi masker yang lebih ketat kepada orang Amerika ( seperti pada Januari, ketika para pejabat bertanya Amerika untuk mempertimbangkan masker ganda). Meskipun masker kain  lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali, kesesuaian dan konstruksi masker bedah tingkat medis biasanya lebih komprehensif. Saat ini, masker tersebut sudah tersedia untuk konsumen.

Direktur Tekstil Good Housekeeping Institute Lexie Sachs mengatakan masker bedah biasanya dibuat oleh produsen APD yang mematuhi standar kualitas ketat yang telah berlaku jauh sebelum pandemi dimulai. Yang terpenting, Anda dapat yakin masker bedah tingkat medis yang Anda kenakan telah diuji untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh ASTM International, sebuah kelompok industri yang bertanggung jawab untuk menetapkan standar keselamatan minimum untuk banyak produk, termasuk masker wajah.

Ada juga masker N95 dan KN95, atau dikenal sebagai respirator yang dikenal lebih protektif dibandingkan masker bedah. Karena mereka direkayasa dengan hati-hati untuk mencegah partikel udara besar dan kecil secara khusus menembus bagian depan masker

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement