Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Pengusaha dan Entrepreneur, Apa Bedanya?

Kamis 16 Sep 2021 16:31 WIB

Red: Hiru Muhammad

Tak sedikit dari kita yang menganggap bahwa profesi seorang pengusaha dengan entrepreneur adalah sama. Akan tetapi, hal tersebut berbeda lho. Meski dalam praktiknya tak jauh berbeda, namun ada yang membuatnya beda terutama dari sudut pandangnya.

Tak sedikit dari kita yang menganggap bahwa profesi seorang pengusaha dengan entrepreneur adalah sama. Akan tetapi, hal tersebut berbeda lho. Meski dalam praktiknya tak jauh berbeda, namun ada yang membuatnya beda terutama dari sudut pandangnya.

Foto: istimewa
Pengusaha dengan entrepreneur, setidaknya memiliki 6 perbedaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tak sedikit dari kita yang menganggap bahwa profesi seorang pengusaha dengan entrepreneur adalah sama. Akan tetapi, hal tersebut berbeda lho. Meski dalam praktiknya tak jauh berbeda, namun ada yang membuatnya beda terutama dari sudut pandangnya.

Menurut ketua lembaga BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Fuad Nur Hasan, Kamis (16/9) menyebut, bahwa pengusaha dengan entrepreneur, setidaknya memiliki 6 perbedaan.

Berikut 6 perbedaan Pengusaha dengan Entrepreneur versi BEC Universitas BSI

1. Ide Bisnis

Seorang pengusaha memiliki kecenderungan untuk melakukan bisnis dengan konsep yang sudah matang dan dipraktikkan oleh pengusaha lain.

Sedangkan seorang entrepreneur punya pandangan berbeda, mereka memilih untuk menjalankan ide bisnis yang unik dan berbeda dengan orang lain.

2. Pangsa Pasar

Dalam menjalankan usahanya, seorang pengusaha mengikuti apa yang diinginkan oleh pasar. Sedangkan seorang entrepreneur melakukan upaya agar ia bisa membentuk pangsa pasarnya sendiri.

3. Pengambilan Keputusan

Seorang pengusaha memiliki perhitungan yang matang dalam setiap pengambilan keputusannya. Sedangkan seorang entrepreneur kerap memilih proses pengambilan keputusan berdasarkan intuisi.

4. Tujuan Bisnis

Pengusaha, dalam menjalankan usahanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Sedangkan entrepreneur lebih berfokus pada upaya pemanfaatan sumber daya manusia. Entrepreneur tidak terlalu mementingkan keuntungan, tetapi lebih memperhatikan kondisi karyawan, pelanggan, serta masyarakat umum.

5. Tingkat Kompetisi

Pengusaha akan menghadapi tingkat persaingan yang tinggi. Apalagi, mereka hanya mampu terjun pada pangsa pasar yang sudah ada dan ide bisnis konvensional.

Sedangkan entrepreneur, dengan ide bisnis yang unik dan kemampuannya menciptakan pangsa pasar, ia bisa menjalankan usahanya dengan tingkat persaingan yang rendah.

6. Manajemen Risiko

Pengusaha berusaha menjalankan bisnis yang minim risiko. Sedangkan seorang entrepreneur berupaya memanajemen risiko dan mengubahnya menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA