Rabu 15 Sep 2021 15:52 WIB

Aktor Dunia yang Pernah Perankan Petinju Muhammad Ali

Sejumlah film dokumenter dan biografi memberi penghormatan kepada Muhammad Ali.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Petinju Muhammad Ali. Ada beberapa aktor Hollywood yang pernah berperan sebagai Muhammad Ali dalam film (ilustrasi).
Foto: AP
Petinju Muhammad Ali. Ada beberapa aktor Hollywood yang pernah berperan sebagai Muhammad Ali dalam film (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film dokumenter Netflix, Blood Brothers: Malcolm X and Muhammad Ali, memerinci hubungan antara aktivis hak-hak sipil dan petinju terkenal. Film baru itu hanyalah salah satu film tentang kehidupan Muhammad Ali. 

Sejumlah film dokumenter dan biografi telah memberikan penghormatan kepada sang juara tinju selama bertahun-tahun. Ali mulai terkenal pada 1960-an sebagai petinju elite, yang menjadi juara dunia kelas berat pada 1964. 

Selain membuat dunia kagum dengan prestasi olahraganya, Ali berkembang menjadi ikon keadilan sosial. Puncak karier Ali terjadi selama gerakan hak-hak sipil Amerika sehingga dia terlibat dengan para pemimpin terkemuka, seperti Malcolm X.

Ali juga dikenal karena sikapnya terhadap Perang Vietnam, yang menyebabkan penolakannya dari dinas militer pada 1967. Ali meninggal pada 2016, tetapi warisannya telah dan akan terus didokumentasikan dalam film, seperti halnya dengan Blood Brothers.

Dalam film dokumenter dan biografi olahraga, aktor ditugaskan menghidupkan beberapa tokoh sejarah paling terkenal. Dalam kasus Ali, banyak bintang Hollywood telah mengambil peran sebagai olahragawan legendaris yang dikenal sebagai "The Greatest" selama setengah abad terakhir. Dilansir Screen Rant pada Rabu (15/9), berikut ini aktor yang pernah memerankan Ali di film:

1. Muhammad Ali

photo
Film The Greatest. - (British Lion Films)

 

Ali memerankan dirinya sendiri dalam The Greatest pada 1977, sebuah film yang menggambarkan kehidupan Ali dari Olimpiade Musim Panas 1960 hingga reklamasi petinju 1974. Disutradarai Tom Gries, film biografi itu diambil dari autobiografi Ali berjudul “The Greatest: My Own Story”.

Ali membintangi bersama Ernest Borgnine, John Marley, Lloyd Haynes. Film tersebut memenangkan NAACP Image Award untuk Outstanding Motion Picture pada 1978. Inspirasi luas Ali sebagai figur publik membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk membintangi filmnya sendiri.

2. Terrence Howard

photo
Film King of the World. - (ABC)

 

Film garapan ABC, King of the World (2000), menampilkan Terrence Howard sebagai Ali dan berfokus pada karier awal petinju itu, serta peningkatan pertarungan gelar kelas beratnya yang terkenal melawan Sonny Liston. Howard terkenal karena memerankan Rhodey di Marvel Iron Man, serta Lucious Lyon di serial “TV Empire”. King of the World juga dibintangi Steve Harris sebagai Liston dan Gary Dourdan sebagai Malcolm X.

3. David Ramsey

photo
Film Ali: An American Hero. - (FOX)

 

David Ramsey berperan sebagai Ali dalam film FOX berjudul Ali: An American Hero yang dirilis pada 2000. Film itu terutama menggambarkan bagaimana sang petinju masuk Islam, selain pertarungan gelar 1974 melawan George Foreman. Peran penting Ramsey lainnya, termasuk John Diggle dalam acara serial TV “CW Arrow” dan karakter Sidney Parker di Pay it Forward pada 2000.

4. Will Smith

photo
Film Ali. - (Sony Pictures Releasing)

 

Aktor papan atas Hollywood, Will Smith, mengenakan sepasang sarung tinju di film biografi pada 2001, Ali, yang dibintangi bersama Jamie Foxx, John Voight, dan Jeffrey Wright. Berpusat pada puncak kemenangan tinju, serta kontroversi, antara 1964 hingga 1974.

Film yang disutradarai Michael Mann mendapat pujian dari para kritikus dan pengakuan di berbagai acara penghargaan, termasuk nominasi untuk dua Oscar dan tiga Golden Globe. Penampilan Smith sebagai Ali membuatnya mendapatkan salah satu dari dua nominasi Oscar sepanjang masa untuk aktor terbaik dalam peran utama dan memenangkannya penghargaan BET untuk aktor terbaik.

5. Eli Goree

photo
Film One Night in Miami. - (Amazon Studios)

 

Representasi film terbaru dari Muhammad Ali datang dalam film orisinal garapan Amazon Prime 2020, One Night in Miami, yang dibintangi Eli Goree sebagai petinju legendaris. Diadaptasi dari drama panggung asli dengan judul yang sama, film tersebut mewakili kisah fiksi tentang pertemuan antara ikon hak-hak sipil Ali, Malcolm X (Kingsley Ben-Adir), Sam Cooke (Leslie Odom Jr.), dan Jim Brown (Aldis Hodge). Disutradarai oleh Regina King, film ini mencetak trio nominasi di Academy Awards 2021. 

One Night in Miami bukanlah penampilan pertama Goree sebagai olahragawan dunia nyata, karena aktor kelahiran Kanada itu juga memerankan atlet lari Amerika Dave Albritton dalam Race 2016. Race merupakan film yang menceritakan kehidupan Jesse Owens. Goree juga dikenal karena bermain Wells Jaha di acara CW “The 100”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement