Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Taliban Gali 1 Ons Emas per Hari di 180 Tempat Berbeda

Rabu 15 Sep 2021 14:45 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih

 Pejuang Taliban. Taliban dilaporkan telah melakukan penambangan emas di distrik Raghistan dan Kohistan. Ilustrasi.

Pejuang Taliban. Taliban dilaporkan telah melakukan penambangan emas di distrik Raghistan dan Kohistan. Ilustrasi.

Foto: AP/Khwaja Tawfiq Sediqi
Taliban dilaporkan melakukan penambangan emas di distrik Raghistan dan Kohistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Taliban dilaporkan telah melakukan penambangan emas di distrik Raghistan dan Kohistan. Selain itu, mereka juga menambang batu rubi di distrik Yaftal-e-Bala.

Dilansir Khaama Press News Agency belum lama ini, para pejuang Taliban telah mengendalikan sebagian besar pertambangan emas, batu mulia, dan hasil tambang lainnya. Menurut penduduk lokal provinsi Badakhshan, Taliban menggali satu ons emas di 180 daerah berbeda setiap hari yang bernilai 18 ribu Afghani. Selain itu, Taliban juga mendapatkan keuntungan dari penggalian ranjau.

Berikut adalah beberapa tambang yang berada di bawah kendali Taliban:

Tambang Baghlan
Baghlan adalah salah satu provinsi yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama di ibu kotanya Polkhumri dan distrik lainnya.  Tambang yang paling terkenal di provinsi ini adalah tambang Karkar dan Dodkash, tambang batubara Chenarak dan Sheen Dara, tambang batubara Alogak, tambang Tala-Barfak, tambang emas, tambang timah, tambang plesteran, dan tambang granit yang  berada di bawah kendali Taliban.

Tambang Bamyan
Provinsi Bamyan mempunyai berbagai macam kekayaan tambang seperti tambang besi Hajigak, tambang besi Seya Dara, tambang batu bara, dan tambang batu mulia. Pusat dan berbagai distrik di provinsi Bamiyan penuh dengan tambang batu, tambang batu bara, batu mulia, tambang tembaga, tambang belerang, hingga tambang timah.

Ranjau Helmand
Povinsi Helmand merupakan salah satu provinsi strategis. Helmand berbatasan dengan Pakistan di sebelah selatan, kemudian di sebelah timur berbatasan dengan provinsi Daikundi, Kandahar, dan Oruzgan di timur, serta berbatasan dengan provinsi Farah di barat. 

Berdasarkan survei geologi yang dilakukan oleh pejabat setempat, provinsi Helmand memiliki banyak tambang dan sumber daya alam seperti muskovit di Balishang, batu hias di Malek Dokan dan Arbo, air raksa di Baghlan, kelereng, air mineral di Kajaki, dan pegmatit di Sangwal.

Tambang Herat
Berdasarkan survei geologi, provinsi Herat memiliki tambang besi di Tagab, gunung Pod, dan Palangsor. Provinsi ini juga memiliki tambang tembaga di Shaida, Simkoh, tinny di Fostak, emas di Enjeel, dan tambang bismut.

Tambang Badghis
Provinsi Badghis juga merupakan salah satu provinsi yang memiliki berbagai jenis sumber daya alam seperti tembaga di daerah Ahan Kashan, plesteran di Daralaman, dan air nitrogen di Chashme Nik.

Provinsi Panjshir merupakan salah satu provinsi terkaya di Afghanistan dalam hal sumber daya alam. Panjshir memiliki kekayaan batu mulia dan semi mulia serta tambang logam, tambang kelereng, dan tambang bahan bangunan.

Provinsi Panjshir adalah wilayah terakhir yang diperebutkan antara Taliban dan kelompok perlawanan. Mereka terlibat konflik dan saling menyerang dalam beberapa waktu terakhir.

Panjshir merupakan benteng terakhir gerakan perlawanan anti-Taliban, yaitu Front Perlawanan Nasional Afghanistan (NRF). Taliban mengklaim telah menaklukan Panjshir. Namun pemimpin gerakan perlawanan, Ahmad Massoud, bersikeras pertarungan di Panjshir terus berlanjut. Dia juga menyerukan pemberontakan nasional.

Seruan Massoud disambut dengan aksi protes di seluruh Afghanistan untuk mendukung gerakannya. Namun pada Rabu (8/9), Taliban melarang segala bentuk aksi protes tanpa izin. Mereka yang akan menggelar aksi protes harus mendapatkan izin dari pemerintahan Taliban.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA