Rabu 15 Sep 2021 10:57 WIB

Tiga Cara Mudah Menghafal Alquran dan Memahami Tafsirnya

Ada tiga saran cara mudah menghafal Alquran.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Cara Mudah Menghafal Alquran dan Memahami Tafsirnya. Foto: Alquran (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Tiga Cara Mudah Menghafal Alquran dan Memahami Tafsirnya. Foto: Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pimpinan Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Quran Ustadz Teguh Turwanto tidak berat menghafal Alquran serta memahami tafsirnya. Menurutnya ada tiga hal yang mesti ditanamkan dalam diri agar mudah menghafal Quran dan memahami tafsirnya itu.

"Sesuatu itu jika terasa sulit atau berat akan menjadi mudah atau ringan dilakukannya jika kita mampu merubah persepsi, membiasakan dan menikmati dalam prosesnya menghafal Quran," kata Ustadz Teguh kepada Republika, Rabu (15/9).

Baca Juga

1. Ubah persepsi.

Seseorang jika melakukan apapun akan terasa susah bahkan lebih susah lagi jika masih membayangkan perbuatan itu sulit dilakukan, selama memang perbuatan itu tingkat kesulitannya masih dianggap wajar. Maka setiap orang mau belajar apapun, rubahlah persepsi! Jangan katakan sulit! Katakan mudah walaupun mungkin terasa sulit.

 

2. Faktor kebiasaan.

Seseorang akan terasa mudah jika ia terbiasa melakukannya. Contohnya, belajar mengemudi motor atau mobil. Bagi pemula biasanya terasa tidak mudah dan terlihat kaku, tapi jika ia terbiasa melakukannya maka akan terasa mudah. Begitu juga dengan orang yang menghafal ayat Quran sambil memahami tafsirnya, jika ia sudah sangat terbiasa melakukannya maka bukan hanya mudah, ia bahkan akan merasa kesulitan menghafal ayat jika belum memahami tafsirnya terlebih dahulu.

Baca juga : Tak Dengarkan Musik Agar Hafal Alquran Bukan Teroris!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement