Selasa 14 Sep 2021 16:26 WIB

Indonesia Beri Bantuan Rp 43 Miliar untuk Rakyat Afghanistan

Sebanyak 150.000 dolar atau Rp 2,14 miliar akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan

Red: Nur Aini
Indonesia akan memberikan bantuan sebesar 3 juta dolar AS atau sekitar Rp 42,75 miliar untuk rakyat Afghanistan.
Indonesia akan memberikan bantuan sebesar 3 juta dolar AS atau sekitar Rp 42,75 miliar untuk rakyat Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia akan memberikan bantuan sebesar 3 juta dolar AS atau sekitar Rp 42,75 miliar untuk rakyat Afghanistan.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan komitmen tersebut saat menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi PBB untuk Situasi Kemanusiaan di Afghanistan secara virtual pada Senin (13/9).

Baca Juga

“Indonesia berkomitmen memberikan bantuan sebesar 3 juta dolar AS kepada masyarakat Afghanistan, melalui mitra lokal yang terpercaya,” ungkap Retno melalui keterangan tertulis, Selasa (14/9).

Sebanyak 150.000 dolar AS atau Rp 2,14 miliar dari total bantuan akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan dalam situasi darurat. Sementara, 2,85 juta dolar AS atau Rp 40,6 miliar ditujukan untuk mendukung pembangunan di Afghanistan selama tiga tahun ke depan, khususnya dalam sektor kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan, dan pertambangan.

Adapun pertemuan yang diselenggarakan Sekjen PBB Antonio Guterres tersebut digelar guna menggalang bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan.

Menurut Sekjen PBB, kondisi kemanusiaan di Afghanistan menjadi salah satu krisis terparah di dunia, yang makin diperburuk dengan kekeringan hingga pandemi Covid-19. Untuk itu, dibutuhkan setidaknya dana sebesar 606 juta dolar AS atau Rp 8,6 triliun bagi 11 juta warga Afghanistan yang membutuhkan bantuan kemanusiaan darurat.

Afghanistan yang aman

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/indonesia-akan-beri-bantuan-usd3-juta-untuk-rakyat-afghanistan/2364008
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement