Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Sejumlah Wilayah Diprakirakan Diguyur Hujan Lebat

Selasa 14 Sep 2021 08:31 WIB

Red: Ani Nursalikah

Sejumlah Wilayah Diprakirakan Diguyur Hujan Lebat. Awan pekat menyelimuti langit Kota Lhokseumawe, Aceh.

Sejumlah Wilayah Diprakirakan Diguyur Hujan Lebat. Awan pekat menyelimuti langit Kota Lhokseumawe, Aceh.

Foto: Antara/Rahmad
BMKG memperkirakan hujan disertai petir dan angin kencang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia, Selasa (14/9).

Menurut prakiraan cuaca BMKG, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpeluang terjadi di bagian wilayah Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara juga diprakirakan menghadapi kondisi cuaca yang sama.

Baca Juga

BMKG menyampaikan kehadiran daerah konvergensi memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa bagian wilayah Indonesia. Menurut BMKG, daerah sirkulasi siklonikdi perairan barat Sulawesi Barat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sulawesi Barat bagian Utara, Sulawesi Tengah hingga Selat Karimata bagian tengah.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka, dari perairan barat Lampung hingga Riau, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara. Kemudian, dari perairan timur Kalimantan Utara hingga Kalimantan bagian utara,di Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat, dari perairan barat Papua Barat hingga Maluku Utara bagian selatan, dan dari Papua hingga Papua Barat.

"Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi tersebut," kata BMKG.

Baca juga : Rocky Bersama Warga Bojong Koneng Melawan Somasi Sentul City

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA