Senin 13 Sep 2021 15:48 WIB

Digelar di PON Papua, 3x3 Diharapkan Berkembang Lebih Pesat

Basket 3x3 menyediakan dua medali emas di PON Papua XX.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Suasana pertandingan IBL GoJek 3x3 (ilustrasi). Basket 3x3 dipertandingan untuk kali pertama di PON Papua.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana pertandingan IBL GoJek 3x3 (ilustrasi). Basket 3x3 dipertandingan untuk kali pertama di PON Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cabang bola basket nomor 3x3 resmi dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Basket 3x3 memperebutkan total dua medali emas untuk kategori putra dan putri. Diharapkan perkembangan 3x3 akan lebih cepat lagi ke seluruh wilayah Indonesia setelah digelar resmi di PON Papua.

Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang Pembinaan dan Prestasi George Fernando Dendeng mengatakan, basket 3x3 pertama kali dipertandingkan resmi memperebutkan medali di PON. "Sebelumnya baru cabang ekshibisi, sehingga tidak ada tim unggulan yang mendapat keistimewaan khusus selain tim tuan rumah Papua. Undian dilakukan berdasarkan hasil pra-PON yang lalu," jelasnya.

 

Dengan dipertandingkan secara resmi, maka ada harapan baru untuk cabang olahraga bola basket 3x3 berkembang lebih pesat lagi. Sebab, akan semakin banyak pemuda dan pemuda Indonesia tersalurkan hobinya menjadi atlet basket 3x3. 

 

"Tentunya harapan besar kami dari nomor 3x3 pada PON Papua ini kita bisa mendapat pemain-pemain potensial. Kita sudah lihat ada beberapa nama yang mungkin bisa untuk ke Tim Nasional. Kita lihat mereka akan berproses di PON nanti," jelas George dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (13/9).

 

Pada PON Papua nanti, ada delapan tim masing-masing dari kategori putra dan putri bakal memperebutkan medali. Pembagian grup sudah dilakukan oleh

PP Perbasi.

 

Dalam drawing yang dilakukan akhir pekan kemarin, untuk kategori putera Pool A diisi Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua, dan Jawa Tengah. Kemudian Jawa Barat, Riau, DKI Jakarta, dan Sumatra Utara berada di Pool B.

 

Selanjutnya untuk kategori putri, Pool A diisi DKI Jakarta, Sumatra Barat, Papua, dan Kalimantan Barat. Adapun Pool B dihuni Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

 

Pembagian Pool Putra

Pool A

Jawa Timur

Sulawesi Selatan

Papua 

Jawa Tengah

 

Pool B

Jawa Barat

Riau

DKI Jakarta 

Sumatera Utara

 

Pembagian Pool Putri

Pool A

DKI Jakarta

Sumatera Barat

Papua

Kalimantan Barat

 

Pool B

Bali

Jawa Tengah

Jawa Barat

Sulawesi Selatan

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement