Senin 13 Sep 2021 13:13 WIB

Ilmuwan Cile Temukan Fosil Kadal Bersayap 160 Juta Tahun

Fosil yang ditemukan tahun 2009 dikonfirmasi sebagai pterosaurus.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto: Acta Palaeontologica Polonica via phys

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Ilmuwan Cile mengumumkan penemuan sisa-sisa belahan bumi selatan pertama dari jenis kadal bersayap era Jurassic yang dikenal sebagai pterosaurus. Fosil dinosaurus yang hidup sekitar 160 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang menjadi gurun Atacama, ditemukan pada tahun 2009.

Fosil tersebut ini kini telah dikonfirmasi sebagai Pterosaurus rhamphorhynchine. Ini adalah makhluk pertama yang ditemukan di Gondwana, benua super prasejarah yang kemudian membentuk daratan belahan bumi selatan.

Peneliti Jhonatan Alarcon dari University of Cile mengatakan, makhluk itu memiliki lebar sayap hingga 2 meter, ekor panjang, dan moncong runcing.

“Kami menunjukkan bahwa persebaran hewan dalam kelompok ini lebih luas dari yang diketahui hingga saat ini,” kata dia, dilansir dari Phys.

Penemuan ini juga merupakan pterosaurus tertua yang ditemukan di Cile. Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Acta Palaeontologica Polonica.