Ahad 12 Sep 2021 20:20 WIB

Lesbumi NU Pamekasan Rumuskan Sembilan Iktikad Kebudayaan

Sembilan iktikad kebudayaan wujud respons dinamika terkini bangsa

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Sembilan iktikad kebudayaan wujud respons dinamika terkini bangsa. Lesbumi
Foto: Dok Istimewa
Sembilan iktikad kebudayaan wujud respons dinamika terkini bangsa. Lesbumi

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN – Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan merumuskan “Sembilan Iktikad Kebudayaan” di Gardu Budaya Manifesco, Pamekasan, Jawa Timur pada Sabtu (11/9).

Ketua Lesbumi PCNU Pamekasan, Ahmad Kekal Hamdani, mengatakan “Sembilan Iktikad Kebudayaan” merupakan cara Lesbumi PCNU Pamekasan untuk menyatukan pandangan penggerak budaya dan tradisi lokal, khususnya di Pamekasan.

Baca Juga

Sejak dibentuknya, menurut dia, Lesbumi NU merupakan suatu lembaga yang tidak lahir dan tumbuh di ruang hampa sejarah. Seluruh dinamika Lesbumi merupakan respon pelaku kebudayaan dari kalangan NU untuk menghadapi kegentingan dan gesekan budaya.

“Sebagai lembaga yang dimandati oleh PCNU Pamekasan untuk menangani kebijakan NU di bidang seni budaya, kami rasa perlu untuk menyatukan pandangan menyikapi dinamika seni dan kebudayaan di Pamekasan,” ujar Hamdani kepada Republika.co.id, Ahad (12/9).

 

Dia menjelaskan, “Sembilan Iktikad kebudayaan” yang dirumuskan bersama Pengurus Lesbumi PCNU Pamekasan tersebut berpijak pada Tujuh Strategi Budaya Lesbumi NU, acuan kerja Pengurus Harian  PCNU Pamekasan, serta “Sikap Kebudayaan Lesbumi” yang pernah dicetuskan dalam Muktamar Kebudayaan NU I di Yogyakarta pada 2010.

Menurut Hamdani, Ketua PCNU Pamekasan, KH Achmad Taufik Hasim sebelumnya telah mengimbau kepada pengurus Lesbumi untuk membangun ketahanan budaya. Apalagi, fenomena radikalisme telah menjadi kegelisahan para kiai dan ulama NU di Pemekasan. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement