Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Risiko Orang yang Meninggalkan Sholat

Ahad 12 Sep 2021 05:29 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah umat Islam menunaikan sholat Jumat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak di Masjid At-Tin, Jakarta, Jumat (13/8). Masjid At-Tin kembali menggelar ibadah shalat Jumat pertama kalinya setelah kegiatan shalat Jumat dihentikan lantaran mengikuti ketentuan Pemberlakuan PPKM Darurat. Masjid At-tin pun menerapkan pembatasan jumlah jamaah secara terbatas yakni 25 persen dari kapasaitas serta mematuhi protokol kesehatan. Prayogi/Republika.

Sejumlah umat Islam menunaikan sholat Jumat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak di Masjid At-Tin, Jakarta, Jumat (13/8). Masjid At-Tin kembali menggelar ibadah shalat Jumat pertama kalinya setelah kegiatan shalat Jumat dihentikan lantaran mengikuti ketentuan Pemberlakuan PPKM Darurat. Masjid At-tin pun menerapkan pembatasan jumlah jamaah secara terbatas yakni 25 persen dari kapasaitas serta mematuhi protokol kesehatan. Prayogi/Republika.

Foto: Prayogi/Republika.
Allah tidak menerima dari orang yang meninggalkan sholat

REPUBLIKA.CO.ID, Malaikat Jibril menyampaikan kepada Rasulullah Saw tentang risiko yang akan ditanggung orang-orang yang meninggalkan sholat dalam hidupnya. Keterangan ini dapat ditemukan pada kitab at Targib wat Tarhib. Berikut keterangannya:

Seluruh amal orang yang meninggalkan sholat ditolak

وَفِى حَدِيْثٍ طَوِيْلٍ أَنَّ جِبْرِيْلَ نَزَلَ عَلَى النَّبِىِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ يَامُحَمَّدُلَايَتَقَبَّلً اللَّهُ مِنْ تَارِكِ الصَّلَاةِ صَوْمَهُ وَلَا صدقتَةُ وَلَا حَجَّهُ وَلَا عَمَلَهُ وَلَا زَكَاتَهُ

Tersebut dalam hadits yang panjang, bahwa jibril turun kepada nabi saw, dan jibril berkata: Hai Muhammad, Allah tidak menerima  dari orang yang meninggalkan sholat, puasanya, dan tidak juga sedekahnya, dan tidak juga hajinya, dan tidak juga amal perbuatannya, dan tidak juga menerima zakatnya.

Dilaknat setiap hari

 وَتَارِكُ الصَّلُاةِ مَلْعُوْنٌ فِى التَّوْرَاِة وَالْاِنْجِيْلِ وَالزَّبُوْرِوَالْفُرْقَانِ . تَارِكُ الصَّلَاةِ يَنْزِلُ عَلَيْهِ كُلَّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ أَلْفُ لَعْنَةٍ وَأَلْفُ سَخَطٍ وَأَنَّ الْمَلَا ئِكَةَ يَلْعَنُوْنَهُ مِنْ فَوْقِ سَبْعِ سَمَوَاتٍ.  

Dan orang yang meninggalkan sholat dilaknat di dalam kitab taurat dan kitab Injil dan kitab zabur dan kitab Alquran. Orang yang meninggalkan sholat turun atasnya setiap sehari semalam seribu laknat dan seribu murka, dan bahwa para malaikat melaknati orang yang meninggalkan sholat dari atas langit tingkat tujuh.

Tidak dapat syafaat nabi

يَامُحَمَّدُ تَارِكُ الصَّلُاةِ َمالَهُ نَصِيْبٌ فِى حُظُوْظِكَ وَلَا فِى شَفَاعَتِكَ وَلَا هُوَ مِنْ أُمَّتِكَ .يَامُحَمَّدُ تَارِكُ الصَّلَاةِ لَا يُعَادُ فِى مَرَضِهِ وَلَا يُتْبَعُ فِى جَنَازَتِهِ وَلَا يُسَلَّمُ عَلَيْهِ وَلَا يُؤَاكَلُ وَلَا يُصَاحَبُ وَلَا يُجَالَسُ وَلَا دِيْنَ لَهُ وَلَا امَانَةَ لَهُ وَلَا حَظَّ لَهُ فِى رَحْمَةِ اللَّهِ وَهُوَ مَعَ الْمُنَافِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِ

Ya Muhammad, orang yang meninggalkan sholat, tidak ada baginya dalam pertolonganmu dan juga tidak pula dapat  syafaatmu, dan tidak pula orang yang meninggalkan sholat itu dari golongan umatmu. Ya Muhammad orang yang meninggalkan sholat tidak usah dijenguk ketika dia sakit. Dan tidak usah mengiringi jenazahnya sampai ke kubur. Dan tidak usah di salami orang yang meninggalkan sholat. Dan tidak usah diajak makan bersama, dan jangan ditemani, dan jangan duduk bersama. Dan tidak ada agama baginya, dan tidak ada amanah baginya, dan tidak ada bagian rahmat Allah. Dan orang yang meninggalkan sholat itu bersama orang munafik di dalam bagian neraka yang paling bawah.

Azab yang diterimanya berlipat ganda

تَارِكُ الصَّلَاةِ يُضَاعَفُ لَهُ الْعَذَابُ ضِعْفَيْنِ وَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَقَدْ غُلَّتْ يَدَاهُ اِلَى عُنُقِهِ وَالْمَلَا ئِكَةُ يَضْرِبُوْنَهُ وَتُفْتَحُ لَهُ جَهَنَّمَ فَيُدْخَلُ فِى بَابِهَا كَالسَّهْمِ فَيَهْوِىْ عَلَى رَأْسِهِ عِنْدَ قَارُ  وهمافِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِ

Orang yang meninggalkan sholat dilipatgandakan baginya adzab dua kali lipat. Dan dia bakal datang di hari kiamat dalam keadaan dibelenggu tangannya ke pundaknya dan malaikat memukulnya, dan dibuka neraka jahanam bagi orang yang meninggalkan sholat, kemudian dia dimasukan di dalam pintu jahanam seperti anak panah diluncurkan padanya kemudian jatuh menancap pada kepalanya dan tinggal di samping qarun dan haman di dalam neraka yang paling dalam.

Dilaknat makanan, baju dan rumah dan mati dalam keadaan Yahudi

تَارِكُ الصَّلُاةِ اذ فِعَتِ اللُّقْمَةُ اِلَى فِيْهِ قَالَتْ لَهُ لَعَنَكَ اللَّهُ يَاعَدُوَّاللَّهُ تَأْكُلُ رِزْقَ اللَّهِ وَلَا تُؤَدِّىْ فَرَائِضَه قَاطِعُ الصَّلَاةِ يَتَبَرَّأُمِنْهُ الثَّوْبُ فِى جَسَدِهِ وَيَقُوْلُ لَوْلَاأَنْ سَخَّرَنِى رَبِّى لَكَ لَفَرَرْتُ مِنْكَ . قَاطِعُ الصَّلَاةِ اِذَاخَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ قَالَ الْبَيْتُ لَا صَحِبَكَ اللَّهُ فِى سَفَرِكَ وَلَا خَلَفَكَ فِى أَثَرِكَ وَلَا اَعَادَكَ اِلَى أَهْلِكَ سَالِمًا. قَاطِعُ الصَّلَاةِ مَلْعُوْنٌ فِى حَيَاتِهِ وَبَعْدَمَمَاتِهِ .قَاطِعُ الصَّلَاةِ يَمُوْتُ يَهُوْدِيًّاوَيُبْعَثُ نَصْرَانِيًّا

Orang yang meninggalkan sholat jika diangkat sesuap nasi ke mulutnya maka sesuap nasi itu berkata padanya: semoga Allah melaknati kamu hai musuh Allah, kamu makan rezeki dari Allah tapi tidak menunaikan sholat fardhuNya. Orang yang memutus sholat, maka baju yang dikenakannya tidak akan membela tubuhnya, dan si baju itu berucap andai Allah tidak menaklukanku padamu pasti aku lari dari kamu (tidak mau dipakai sama orang yang tidak suka sholat). Orang yang memutus sholat, apabila keluar dari rumah maka rumahnya berkata semoga Allah tidak menemanimu dalam perjalananmu dan semoga Allah tidak menggantikanmu menjaga keluargamu, dan semoga Allah tak mengembalikan kamu kepada keluargamu dalam keadaan selamat. Orang yang memutus sholat dilaknati dalam hidupnya dan setelah dia mati. Orang yang memutus sholat dia mati dalam keadaan Yahudi dan dibangkitkan dalam keadaan Nasrani

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA