Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

6 Ayat Alquran yang Bisa Dibaca untuk Cegah Covid-19

Jumat 10 Sep 2021 17:09 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Alquran

Ilustrasi Alquran

Foto: pxhere
Alquran merupakan salah satu penawar bersifat nonfisik terhadap penyakit

REPUBLIKA.CO.ID, — Ketika suatu penyakit muncul, Allah SWT pasti akan memberikan obatnya. Berbagai macam cara yang bisa dilakukan baik melalui ilmu kedokteran maupun doa. 

Rasulullah SAW, dalam sejumlah riwayat kerap berdoa menggunakan ayat-ayat Alquran. 

Baca Juga

الشريف. عن السيدة الجليلة عائشة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا اشتكى -أي مرض- يقرأ على نفسه المعوذات «أي «قل هو الله أحد»و«قل أعوذ برب الفلق» و«قل أعوذ برب الناس»، وينفث -أي ينفخ نفخًا ليس معه ريق- في يديه ثم يمسح بيديه جسده الشريف

Dari Aisyah RA dikisahkan, Nabi Muhammad SAW ketika mengeluhkan sakit, beliau membaca surat-surat perlindungan yaitu Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas, lalu beliu meniupkan tiupan tanpa ludah ke telapak tangannya, kemudia mengusapkan ke sekujur badannya yang mulia.

Begitu juga pandemi corona yang telah menyebar di seluruh dunia. Berikut enam ayat Alquran yang dapat dijadikan doa untuk kesembuhan penyakit akibat corona, di antaranya adalah: 

Pertama, At Taubah ayat 14

وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ  wayasyfi shudura qaumimmu’minin. “Serta melegakan hati orang-orang yang beriman.”

Kedua , Asy Syuara ayat 80

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ wa idza maridhtu fahuwa yasyfin. “Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.”

Ketiga, Yunus ayat 57

قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ qad jaatkum mauidhatun min rabbikum wa syifaun lima fisshudur. “Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Alquran  dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada.”

Keempat, An Nahl ayat 69

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ  yakhruju min buthuniha syarabun mukhtalifun alwanuhu fihi syifaun lin nasi.

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.”

Kelima, Al Isra ayat 82 

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ  wa nunazzilu minal qurani ma huwa syifaun wa rahmatun lil mu’minin 

Dan Kami turunkan dari Alquran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman.” 

Keenam, Fussilat ayat 44 

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ  qul huwa lilladzina amanu hudan wa syifa’. Katakanlah, "Alquran adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman.” 

Ayat-ayat ini hendaknya dibaca dengan penuh ketulusan dan mengharapkan kesembuhan dari Allah SWT semata, karena bagaimanapun Dia lah yang Mahamenyembuhkan.        

 

Sumber: elbalad

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA