Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Tubuh akan Beri Sinyal Ketika Asupan Kafein Terlalu Banyak

Jumat 10 Sep 2021 07:49 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Kopi panas. Tubuh akan memberikan sinyal ketika asupan kafein terlalu banyak.

Kopi panas. Tubuh akan memberikan sinyal ketika asupan kafein terlalu banyak.

Foto: Pixabay
Tiap orang punya ambang batas toleransi yang berbeda terhadap asupan kafein.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang memulai hari dengan secangkir kopi panas. Aroma kopi yang baru diseduh saja sudah cukup untuk membuat banyak orang tersenyum dan juga memberikan dorongan energi yang sangat dibutuhkan.

Hanya saja, kopi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun ada beberapa manfaat minum kopi, beberapa orang juga mengalami efek samping tertentu tergantung pada ambang batas konsumsi kafeinnya.

Baca Juga

Ahli gizi Rashi Chowdhary mengatakan, kopi sarat dengan antioksidan. Kopi bekerja dengan baik untuk meningkatkan tingkat energi.

"Sebanyak 250 mg dianggap baik untuk kesehatan kardiovaskular Anda juga," ujarnya, dikutip dari laman Indian Express, Jumat (10/9).

Chowdhary mengingatkan, setiap orang memiliki ambang batas konsumsi kopi yang berbeda. Bagi kebanyakan orang, mengonsumsi sekitar 400 mg kafein dianggap aman.

"Tapi jika Anda menjadi merasa gelisah atau gugup, mudah tersinggung, atau mengalami detak jantung yang meningkat, itu mungkin menunjukkan bahwa toleransi Anda terhadap kafein berada di sisi yang lebih rendah," ujar Chowdary.

Baca juga : Moderna Kembangkan Vaksin Booster Kombinasi Covid-19 dan Flu

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA