Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

PKKMB UBSI Kampus Tasikmalaya Diyakini Picu Semangat Maba

Kamis 09 Sep 2021 15:02 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ormik (Orientasi Akademik) merupakan kegiatan rutin yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sebelum perkuliahan dimulai.

Ormik (Orientasi Akademik) merupakan kegiatan rutin yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sebelum perkuliahan dimulai.

Foto: UBSI
PKKMB digelar secara serentak di seluruh kampus UBSI se-Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Ormik (Orientasi Akademik) merupakan kegiatan rutin yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sebelum perkuliahan dimulai.

Ormik ini diselenggarakan serentak secara daring di seluruh kampus Universitas BSI, termasuk Universitas BSI kampus Tasikmalaya. Kegiatan Ormik tahun ini mengusung tema ‘Beyond Inspiration’ yang berlangsung pada Senin (6/9) lalu melalui zoom.

Pelaksanaan Ormik Universitas BSI kampus Tasikmalaya dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama dimulai pukul 08.00– 11.00 WIB. Sesi pertama ini dipandu oleh Tuti Alawiyah dengan narasumber Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Deddy Supriadi.

Lalu, untuk sesi kedua dimulai pukul 19.00–21.00 WIB dengan moderator Dini Silvi Purnia menghadirkan narasumber staf prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Ai Ilah Warnilah.

Deddy menyampaikan, tujuan Ormik ini agar mahasiswa baru (maba) dapat memahami sistem perkuliahan di Universitas BSI. Termasuk sarana prasarana, ketentuan pembelajaran dan seluruh kegiatan mahasiswa di kampus.

“Sehingga kedepannya tidak canggung ketika mulai perkuliahan. Maka dalam Ormik ini dikenalkan tentang sejarah kampus, sistem perkuliahan, organisasi mahasiswa yang ada, dan juga berbagai program yang menunjang karir mahasiswa kedepannya,” tutur Deddy, Selasa (7/9) kemarin.

Ia menambahkan, kegiatan ini menjadi syarat wajib untuk nilai mata kuliah pendidikan Pancasila. Jika tidak mengikuti mendapatkan nilai E dan sebagai syarat ketika mendaftar menjadi pengurus ormawa (organisasi mahasiswa) nantinya.

PKKMB kali ini, tak hanya menghadirkan Ormik, namun juga ada rangkaian kegiatan lainnya, yakni Semot (seminar motivasi), NKBO (Ngobrol Kampus Bareng Orang Tua), Seminar Tematik, dan Kegiatan Ormawa.

“Semoga kedepannya Ormik ini bisa kembali dilaksanakan secara luring atau tatap muka. Selain itu, mahasiwa baru juga diwajibkan mengikuti Semot (Seminar Motivasi) dalam waktu dekat, agar mahasiswa baru memiliki motivasi dan terinspirasi dalam meraih masa depan,” tandasnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA