Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Tanda Awal Anda Mengalami Penyakit Serius

Rabu 08 Sep 2021 17:24 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Tanda awal Anda memiliki penyakit serius (ilustrasi).

Tanda awal Anda memiliki penyakit serius (ilustrasi).

Foto: Pixabay
Beberapa penderita diabetes punya gejala yang sangat ringan sehingga tidak disadari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengetahui lebih awal tanda-tanda penyakit serius akan sangat bermanfaat bagi Anda. Dokter menjadi lebih cepat menangani penyakit yang Anda derita dengan maksimal. 

Setiap menit hidup Anda sangat berharga. Untuk itu, simak tanda-tanda awal beberapa penyakit serius berikut ini agar Anda dapat mengetahuinya lebih dini, seperti dilansir di laman Eat This Not That, Rabu (8/9): 

Tanda awal diabetes

"Gejala diabetes berikut adalah tipikal. Namun, beberapa penderita diabetes memiliki gejala yang sangat ringan sehingga tidak disadari," kata American Diabetes Association. 

Gejala awal diabetes adalah sering buang air kecil, merasa sangat haus, merasa sangat lapar, meskipun Anda sedang makan. Gejala lainnya kelelahan ekstrim, penglihatan kabur, luka atau memar yang lama sembuhnya.

Diabetes juga ditandai dengan adanya penurunan berat badan, meskipun Anda makan lebih banyak (tipe 1), kesemutan, nyeri, atau mati rasa di tangan atau kaki (tipe 2). Jika Anda mengalami ini, hubungi dokter Anda.

Tanda awal Alzheimer

"Secara umum, gejala penyakit Alzheimer dibagi menjadi tiga tahap utama. Pada tahap awal, gejala utama penyakit Alzheimer adalah penyimpangan memori. Misalnya, seseorang dengan penyakit Alzheimer awal mungkin," kata NHS.

Gejala awal penyakit ini adalah lupa percakapan atau acara baru-baru ini, item yang salah tempat, lupa nama tempat dan benda, serta mengalami kesulitan memikirkan kata yang tepat.

Selain itu, gejala penyakit ini juga ditunjukkan dengan seseorang yang mengajukan pertanyaan berulang-ulang, menunjukkan penilaian yang buruk atau merasa lebih sulit untuk membuat keputusan. Mereka juga menjadi kurang fleksibel dan lebih ragu untuk mencoba hal baru, sering ada tanda-tanda perubahan suasana hati, seperti meningkatnya kecemasan atau agitasi, atau periode kebingungan.

Tanda awal kanker

Sebagian besar tanda dan gejala tidak disebabkan oleh kanker tapi dapat disebabkan oleh hal lain. Jika Anda memiliki tanda dan gejala yang tidak kunjung hilang atau memburuk, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. "Dokter dapat membantu mencari tahu apa penyebabnya dan mengobatinya, jika diperlukan," kata American Cancer Society. 

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala yang lebih umum yang mungkin disebabkan oleh kanker. Namun, semua ini dapat disebabkan oleh masalah lain juga.

Gejalanya adalah kelelahan atau kelelahan ekstrem yang tidak membaik dengan istirahat. Penurunan berat badan atau kenaikan 10 pon atau lebih tanpa alasan yang diketahui. Masalah makan seperti tidak merasa lapar, kesulitan menelan, sakit perut, atau mual dan muntah.

Selain itu, gejala kanker bisa dilihat dari adanya pembengkakan atau benjolan di mana saja di tubuh. Penebalan atau benjolan di payudara atau bagian tubuh lainnya. 

Rasa sakit, terutama yang baru atau tanpa alasan yang diketahui, yang tidak hilang atau bertambah parah. Perubahan kulit seperti benjolan yang berdarah atau bersisik, tahi lalat baru atau perubahan tahi lalat, luka yang tidak kunjung sembuh, atau warna kekuningan pada kulit atau mata.

Tanda lainnya yakni batuk atau suara serak yang tidak kunjung hilang, pendarahan atau memar yang tidak biasa tanpa alasan yang diketahui. Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit atau diare, yang tidak kunjung hilang atau perubahan tampilan feses Anda. Perubahan kandung kemih seperti nyeri saat buang air kecil, darah dalam urin atau perlu buang air kecil lebih sering

Tanda lainnya adalah demam atau keringat malam, sakit kepala, masalah penglihatan atau pendengaran, perubahan mulut seperti luka, pendarahan, nyeri, atau mati rasa.

Tanda awal penyakit jantung

"Gejala penyakit jantung tergantung pada jenis penyakit jantung yang Anda miliki," kata Mayo Clinic. Misalnya, penumpukan plak lemak di arteri Anda, atau aterosklerosis dapat merusak pembuluh darah dan jantung Anda. Penumpukan plak menyebabkan pembuluh darah menyempit atau tersumbat yang dapat mengarah ke jantung. serangan, nyeri dada (angina) atau strok.

Gejala penyakit arteri koroner mungkin berbeda untuk pria dan wanita. Misalnya, pria lebih mungkin mengalami nyeri dada. Wanita lebih cenderung memiliki tanda dan gejala lain bersama dengan ketidaknyamanan dada, seperti sesak napas, mual, dan kelelahan ekstrim.

Tanda dan gejala dapat meliputi nyeri dada, sesak dada, tekanan dada dan ketidaknyamanan dada (angina). Gejala lainnya sesak napas, nyeri, mati rasa, lemas, atau dingin pada kaki atau lengan jika pembuluh darah di bagian tubuh tersebut menyempit. 

Tanda awal Covid-19

"Gejala awal yang dilaporkan oleh beberapa orang termasuk kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan, atau demam," kata Johns Hopkins.

Yang lain mengalami kehilangan penciuman atau rasa. Covid-19 dapat menyebabkan gejala yang ringan pada awalnya, tapi kemudian menjadi lebih intens selama lima hingga tujuh hari, dengan batuk dan sesak napas yang memburuk. Beberapa orang mengembangkan pneumonia dengan Covid-19.

Jenis dan tingkat keparahan gejala pertama dapat sangat bervariasi dari orang ke orang. Itulah mengapa sangat penting untuk menghubungi dokter Anda jika Anda memiliki gejala, bahkan yang ringan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA