Rabu 08 Sep 2021 16:10 WIB

Basarnas Gelar Uji Pelaksanaan Operasi SAR di Cilacap

Kegiatan dilaksanakan selama sepekan, Senin hingga Jumat (6-10/9).

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) bersiaga di atas Kapal Negara (KN) SAR 249 Permadi.
Foto: Antara/Didik Suhartono
Petugas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) bersiaga di atas Kapal Negara (KN) SAR 249 Permadi.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar kegiatan uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) tentang Kecelakaan Kapal di Perairan Pantai Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor SAR Basarnas Cilacap, Jawa Tengah selama sepekan, Senin hingga  Jumat (6-10/9).

''Kegiatan ini diselenggarakan untuk menguji dan mengevaluasi pelaksanaan operasi SAR oleh setiap kantor SAR  terhadap UU No 29 Tahun 2014, PP No 22/2017, Perpres No 83/2016, Perban No 23/2020, serta rencana kontijensi yang dimiliki oleh setiap kantor SAR,'' jelas Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman M Tr (Han), Rabu (8/9).

Menurutnya, kegiatan dimulai melakukan persiapan alat dan tempat pada Senin dan Selasa (6-7/9), kemudian diikuti dengan kegiatan pembukaan dan materi pada Rabu (8/9). Sedangkan pada hari-hari selanjutnya, diisi dengan kegiatan Praktik Uji Pelaksanaan Operasi SAR dan evaluasi.

Sedangkan peserta kegiatan, tidak hanya melibatkan internal Kantor SAR Basarnas Cilacap saja. Melainkan juga melibatkan unsur SAR lain yang dikelola secara swadaya dari masyarakat.

 

Rasman juga menyebutkan, kegiatan ini harus tetap berjalan di tengah kondisi pandemi Covid 19, karena pelatihan kemampuan setiap personil dalam melaksanakan penanganan operasi SAR harus tetap rutin dilakukan. Terlebih karena di wilayah Cilacap sering  terjadi kecelakaan kapal. ''Tentu dalam pelaksanaan kegiatan, kita harus tetap mengedepankan protokol kesehatan,'' katanya.

Ia juga berharap kegiatan tersebut bisa memberikan dampak positif bagi penanganan operasi SAR di Jawa Barat agar lebih responsif dan terorganisir. ''Kesiapsiagaan dan kerja sama dalam penanganan bencana merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam keberhasilan operasi SAR. Semoga dengan kegiatan ini dapat memperkuat sinergitas dalam penanganan operasi SAR,'' ujar dia

Dibuka secara resmi oleh Direktur Operasi SAR Basarnas, kegiatan ini juga dihadiri Kasubdit RPDO (Pengerahan Potensi dan Pengendali Operasi) Basarnas Nur Yahya, beserta jajarannya. Kepala Kantor SAR Cilacap I Nyoman Sidakarya, para personil Kantor SAR Cilacap dan tamu undangan dari unsur  TNI, Satpolair, BPBD Cilacap, Distrik Navigasi, KSOP, BMKG, KKP, HNSI, serta organisasi SAR masyarakat lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement