Senin 06 Sep 2021 11:25 WIB

Bank Wajib Penuhi Pembiayaan UMKM, BI Diminta Fokus ke Bunga

Perbankan wajib memenuhi RPIM UMKM sebesar 20 persen pada Juni 2022.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Perajin membuat kerajinan lampu hias berbentuk rumah adat di Mienani Craft, Depok, Jawa Barat, Jumat (3/9). Bank Indonesia (BI) mewajibkan perbankan untuk memenuhi rasio pembiayaan inklusif makroprudensial (RPIM) UMKM sebesar 20 persen pada Juni 2022.
Foto: ANTARA /Asprilla Dwi Adha
Perajin membuat kerajinan lampu hias berbentuk rumah adat di Mienani Craft, Depok, Jawa Barat, Jumat (3/9). Bank Indonesia (BI) mewajibkan perbankan untuk memenuhi rasio pembiayaan inklusif makroprudensial (RPIM) UMKM sebesar 20 persen pada Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) mewajibkan perbankan untuk memenuhi rasio pembiayaan inklusif makroprudensial (RPIM) UMKM sebesar 20 persen pada Juni 2022. Hal ini dilakukan secara bertahap hingga rasionya mencapai 30 persen pada Juni 2024. 

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 23/13/PBI/2021 tentang Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) bagi Bank Umum Konvensional, Bank Umum Syariah, dan Unit Usaha Syariah yang berlaku efektif sejak 31 Agustus 2021.

Menurut Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Bank Indonesia seharusnya bisa mendorong penyaluran pembiayaan bank melalui instrumen moneter yang dimiliki, seperti suku bunga acuan. 

“Kalau kemudian instrumen suku bunga tidak efektif, BI harusnya fokus mencari apa penyebab instrumen suku bunga tidak bisa meningkatkan penyaluran kredit. Bukan kemudian masuk ke wilayah kewenangan otoritas lain,” ujar Direktur Riset CORE Piter Abdullah, Senin (6/9).

Piter menyebut aturan itu juga melampaui kewenangan Bank Indonesia sebagai bank sentral. Sebab, mengatur individu perbankan itu merupakan kewenangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

“Saya tidak sependapat dengan kebijakan BI yang ini (PBI 23/2021). Itu menurut saya di luar kewenangannya BI. Menurut saya (BI) kebablasan,” ungkapnya.

Baca juga : Peringati HPN, Direksi bank bjb Turun Layani Nasabah

Dia melanjutkan, kewenangan Bank Indonesia seharusnya pengaturan secara makro, yakni mencakup kebijakan moneter hingga sistem pembayaran. Sedangkan pengaturan dan pengawasan perbankan sudah beralih ke OJK sejak 31 Desember 2013. 

“Rasanya terlalu jauh BI mengatur, bahkan dengan mengancam memberikan sanksi kepada bank. Menurut saya di luar kewenangan BI, domain BI lebih ke pengaturan makro, tidak pada tataran mikro mengatur bagaimana bank beroperasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia (BI) Juda Agung mengatakan perbankan wajib memenuhi RPIM UMKM sebesar 20 persen pada Juni 2022.

"Perhitungannya dilakukan secara bertahap yang kemudian menjadi 25 persen pada Juni 2023 dan 30 persen di Juni 2024," ujar Juda dalam Taklimat Media secara virtual, Jumat (3/9).

Dia menjelaskan perluasan target pembiayaan inklusif tersebut dilakukan karena UMKM sangat berperan dalam perekonomian, dengan tingkat penyerapan tenaga kerja yang tinggi serta pangsa yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), sehingga UMKM menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional.

Nantinya, akan terdapat sanksi bagi bank yang tidak bisa memenuhi target RPIM tersebut, yang akan diawali dengan teguran tertulis terlebih dahulu pada Juni 2022 dan Desember 2022.

"Teguran tertulis tersebut juga akan ditembuskan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," ungkapnya.

Jika nantinya teguran tersebut tidak bisa dipenuhi, Juda menyebutkan akan ada sanksi teguran tertulis dan sanksi kewajiban membayar sebesar 0,1 persen dikali nilai kekurangan RPIM (maksimal Rp 5 miliar untuk setiap posisi pemenuhan RPIM), yang akan diberlakukan sejak Juni 2023.

Namun, sanksi RPIM akan dikecualikan untuk bank yang sedang dikenakan pembatasan kegiatan usaha seperti kredit/pembiayaan dan/atau penghimpunan dana oleh OJK, Bank Dalam Pengawasan Intensif (BDPI)/Bank Dalam Pengawasan Khusus (BDPK), serta bank perantara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement