Senin 06 Sep 2021 08:46 WIB

PBB: Taliban Janjikan Keselamatan Pekerja Kemanusiaan

Komunitas kemanusiaan berkomitmen berikan bantuan untuk Afghanistan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Komunitas kemanusiaan berkomitmen berikan bantuan untuk Afghanistan. Ilustrasi pengungsi Afghanistan di kamp pengungsi Palang Merah Italia, di Avezzano, Italia.
Foto: AP/Andrew Medichini
Komunitas kemanusiaan berkomitmen berikan bantuan untuk Afghanistan. Ilustrasi pengungsi Afghanistan di kamp pengungsi Palang Merah Italia, di Avezzano, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL – Juru bicara Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan Taliban pada Ahad berjanji akan menjamin keselamatan pekerja kemanusiaan dan akses bantuan di Afghanistan. 

Salah seorang pejabat PBB, Martin Griffiths, berada di Kabul pada Ahad (5/9) untuk datang dalam pertemuan dengan para pemimpin Taliban di tengah bencana kemanusiaan.

Baca Juga

“Pihak berwenang berjanji keselamatan dan keamanan pekerja kemanusiaan dan akses bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan akan dijamin. Ini termasuk kebebasan bergerak,” kata Juru Bicara PBB, Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan.

Dalam pertemuan tersebut, Griffiths menegaskan komunitas kemanusiaan berkomitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang tidak memihak dan independen. 

Selain itu, dia juga meminta semua pihak untuk memastikan hak dan keselamatan bagi perempuan, baik mereka yang berkontribusi dalam pemberian bantuan maupun warga sipil.

Baca juga : Taliban Ganti Mural dengan Slogan Islam di Kabul

Dikutip Al Arabiya, Senin (6/9), kebebasan perempuan di Afghanistan sangat dibatasi di bawah pemerintahan Taliban pada  1996 hingga 2001. 

PBB mengatakan Afghanistan terperosok dalam krisis kemanusiaan yang memengaruhi 18 juta orang atau setengah dari populasi.

Bahkan, sebelum serangan kilat Taliban yang menggulingkan pemerintah yang didukung Barat pada 15 Agustus, Afghanistan sudah sangat bergantung pada bantuan dengan 40 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara itu diambil dari pendanaan asing.

Namun, masa depan misi bantuan di bawah Taliban telah menjadi sumber perhatian bagi PBB meskipun Taliban berjanji akan membuat aturan yang lebih lembut dibanding saat mereka berkuasa saat 1996.

Beberapa organisasi bantuan sebelumnya telah mengonfirmasi kepada AFP mereka sedang dalam pembicaraan dengan Taliban untuk melanjutkan operasi mereka atau telah menerima jaminan keamanan untuk program yang ada.

PBB mengatakan pekan ini penerbangan kemanusiaan telah dilanjutkan ke beberapa provinsi Afghanistan. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak Taliban dan semua pihak lain untuk menahan diri sepenuhnya untuk melindungi kehidupan dan memastikan kebutuhan kemanusiaan dapat dipenuhi.

 

Sumber: alarabiya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement