Jumat 03 Sep 2021 18:20 WIB

Vaksinasi Permudah Masyarakat Akses Fasilitas Publik

Vaksin saat ini dibutuhkan sebagai persyaratan berbagai kegiatan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Reisa Broto Asmoro meminta masyarakat segera melaksanakan vaksinasi Covid-19. Reisa mengatakan, selain untuk perlindungan terhadap virus Covid-19, vaksin saat ini dibutuhkan sebagai persyaratan berbagai kegiatan.

"Jadi segera divaksin, dapatkan perlindungan dan dapatkan kemudahan mengakses fasilitas publik termasuk pusat perbelanjaan atau mal," ujar Reisa dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (3/9).

Baca Juga

Reisa mengatakan, bahkan Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Alphonzus Widjaja menyarankan agar pengunjung mal sudah mendapatkan vaksinasi. Karena hampir semua pekerja di pusat perbelajaran atau pasar sudah divaksin saat ini.

"Masih ingat prinsip reciprocity (timbal balik) dalam vaksinasi Covid 19, artinya kalau pekerja mal sudah terlindungi maka kita hormati juga dengan ikut vaksinasi agar saling melindungi," ujarnya.

Ia juga meminta bagi masyarakat yang hendak pergi ke pusat perbelajaran, pasar maupun mal untuk memastikan skrining pribadi terlebih dahulu. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, memastikan dalam kondisi sehat dan juga mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, ia meminta masyarakat selalu memastikan sudah mengikuti prokes yang akan diperiksa di mol. Pertama, pastikan sudah memakai masker, masker dobel lebih baik karena melindungi adanya varian delta, menggunakan hand sanitzier, membawa masker cadangan dan disinfektan. "Juga perhatikan ventilasi, perbanyak di ruang terbuka, perhatikan durasi, jika kebutuhan sudah terpenuhi segera kembali ke rumah," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement