Jumat 03 Sep 2021 05:50 WIB

Bersyukur Jadi Kunci Edrick Chang Raih Kebangkitan

Ia sempat mengalami titik terendah dalam hidupnya.

Pengusaha muda sekaligus selebgram Tanah Air, Edrick Chang.
Foto: Dok. IG
Pengusaha muda sekaligus selebgram Tanah Air, Edrick Chang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Edrick Chang sedang menanjak di kalangan pengusaha Tanah Air. Sosok yang piawai menggunakan skillnya dalam menanam investasi ini ternyata memiliki kisah perjalanan yang rumit. 

Edrick mengawali jadi pebisnis pada usia 20 tahun. "Di masa muda, saya hobi pergi ke tempat club malam. Dari hobinya tersebut, saya berpikir untuk jadikan bisnis dengan membuat sebuah event organizer (EO) untuk acara di tempat club malam," kata sosok yang kini dikenal pula sebagai seorang selebgram dengan aku @edrickchang, Kamis (2/9).

Dalam bisnis berikutnya, ia mengalami jatuh bangun dan ia mengaku juga pernah mengalami kerugian di tahun 2016. Edrick Chang sempat mengalami titik terendah dalam hidupnya. Salah satunya karena ia menjadi korban penipuan dan kehilangan uangnya hingga miliaran rupiah.

Hingga akhirnya, setelah kejadian penipuan tersebut ia tersadar untuk berhenti dari hobinya yang suka dengan dunia malam.

“Tapi gue bersyukur karena kena tipu itu gua jadi taubat, taubat dalam segala hal. Jadi, di situ gua mengalami titik terendah gua dan mungkin juga itu panggilan dari Tuhan untuk disuruh taubat," ujar Edrick.

Atas penipuan tersebut, ia juga sempat kehilangan semangat untuk menjalani hidupnya sampai Edrick berpikir untuk bunuh diri. Namun, Edrick melawan pikiran buruknya itu memulai usahanya kembali, dengan cara jual-beli mobil, menyewakan apartemen hingga usaha berjualan makanan. 

Ia lakukan itu semua untuk menyambung hidupnya yang sempat jatuh.

Edrick Chang kembali bangkit menjalani hidupnya, berkat doanya yang tidak pernah terputus, di tahun 2017 akhirnya ia mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapannya. Dengan pekerjaannya tersebut yang ia jalani selama dua tahun, Edrick dapat melunasi utang-utangnya yang menggunung akibat uang yang raib imbas penipuan.

Gue niat dan gue berdoa, berdoa sambil bekerja, bekerja sambil berdoa. Di situ gue mulai bangkit, berkecukupan dan puji Tuhan hidup gue juga lebih bahagia.”, ujar Edrick Chang.

Lika-liku yang ia alami tidak sampai di situ, hingga akhirnya masa pandemi datang, omzet dari pekerjaan barunya pun turun hingga 100 persen. Selama satu setengah tahun bisnis barunya tersebut tidak mendapatkan pemasukan.

Tidak adanya perubahan, akhirnya Edrick banting setir dengan memutuskan untuk menjalani trading dan crypto. Dari investasi tersebut, ia bisa mendapatkan pendapatan mencapai miliaran rupiah perbulannya.

Edrick selalu berpesan kepada orang-orang yang sedang berjuang untuk tetap semangat apalagi di masa pandemi seperti ini.

“Di masa pandemi seperti ini, membuat kita untuk beradaptasi ya. Jadi, ketika kita bisa beradaptasi kita akan bertahan. Jadi, siapapun anda, apapun latar belakang anda, marilah kita beradaptasi dan jangan pernah menyerah. Selalu cari jalan keluar dan cari solusinya, karena masalah itu tercipta pasti ada solusinya," kata Edrick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement