Kamis 02 Sep 2021 23:10 WIB

Southgate Minta Warga Inggris Introspeksi Sebelum Mengkritik

Inggris akan bertandang ke markas Hungaria pada laga Grup I kualifikasi Piala Dunia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: EPA-EFE/Facundo Arrizabalaga
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Gareth Southgate mengatakan, warga Inggris harus memperbaiki diri sendiri sebelum mengkritik perilaku orang lain. Hal tersebut disampaikan pelatih timnas Inggris ini jelang laga pasukannya melawan Hungaria dalam pertandingan keempat Grup I kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, di Puskas Arena, Budapest, Jumat (3/9) dini hari WIB.

Penggemar tuan rumah dapat hadir ke stadion meski ada larangan dari UEFA karena perilaku rasalis dan homofobik. Hadirnya penggemar ke stadion karena laga tersebut merupakan agenda FIFA.

Baca Juga

Menurut Southgate, Inggris tak perlu berkomentar mengenai sesuatu yang dihadapi tuan rumah. Ia mengatakan Inggris harus belajar dari peristiwa final Piala Eropa 2020, ketika suporter mereka masuk Stadion Wembley tanpa tiket. Ia juga mengingatkan adanya peristiwa rasialis menimpa tiga pemain Inggris yang berkulit hitam.

"Kami punya masalah sendiri. Saya pikir kami menyelesaikan sendiri dulu," katanya dilansir dari BBC, Kamis (2/9).

Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka mendapatkan perilaku rasis di media sosial setelah gagal mengeksekusi penalti pada babak adu penalti final Piala Eropa 2022 melawan Italia. Kegagalan tersebut membuat The Three Lions gagal mengangkat trofi di rumah sendiri.

Southgate menegaskan timnya siap menghadapi situasi apa pun di kandang Hungaria. Meski ia mengakui pemainnya serta keluarganya mengalami hal sulit ketika berlaga di final Piala Eropa 2022.

"Jadi, saya tidak pernah suka kita melihat ke luar ketika kita belum menata rumah kita sendiri," ujarnya.

Southgate menilai Inggris bisa menghadapi larangan bagi fan datang ke stadion karena berbagai peristiwa memilukan di partai final. Maka dari itu, Southgate selalu menunjukkan rasa hormat kepada tuan rumah karena hal-hal buruk bisa terjadi.

Southgate masih menantikan apa hasil investigasi peristiwa final Piala Eropa. Ia pun siap jika memang ada larangan suporter menghadiri pertandingan langsung ke stadion.

"Saya pikir kami memiliki jalan panjang sebelum kami mulai berkomentar atau mendahului apa yang mungkin terjadi dalam permainan di tempat lain," kata dia menambahkan. 

Inggris memuncaki Grup I dengan nilai sembilan dari tiga laga. Hungaria tepat di bawah Inggris dengan nilai tujuh dari tiga laga. Kemenangan atas Inggris akan menempatkan Hungaria memuncaki klasemen Grup I.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement