Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Varian Covid-19 Mu

Jumat 03 Sep 2021 00:25 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

WHO baru saja menetapkan varian Covid-19 mu sebagai variant of interest.

WHO baru saja menetapkan varian Covid-19 mu sebagai variant of interest.

Foto: Max Pixel
WHO baru saja menetapkan varian Covid-19 mu sebagai variant of interest.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja menetapkan varian SARS-CoV-2 mu sebagai variant of interest. Varian yang dikenal dengan nama B.1.621 ini pertama kali ditemukan di Kolumbia pada Januari 2021.

"Varian ini menyita perhatian kami karena memiliki beberapa mutasi yang serupa dengan (varian) Beta, dan sebagian (mutasi lainnya serupa dengan) Iota, Delta, Alpha, dan Eta," ujar spesialis penyakit menular Dr Paul Cardenas kepada BBC, seperti dilansir Science Focus, Kamis (2/9).

Baca Juga

Penyebaran varian mu juga tampak melaju cepat. Di Ekuador misalnya, varian mu terdeteksi untuk pertama kalinya pada Mei lalu. Setelah beberapa pekan, varian mu berhasil melampaui varian paling umum sebelumnya yang ada di Ekuador.

"Sebagai tambahan, ada wabah kecil akibat varian ini di Spanyol, Prancis, dan Florida di Amerika Serikat," jelas Dr Cardenas.

Peneliti mengungkapkan ada lima fakta yang sudah berhasil diketahui mengenai varian Delta. Berikut ini adalah kelima fakta tersebut.

Mutasi pada varian mu

Varian mu memiliki beberapa mutasi pada gen spike-nya. Menurut studi dalam Journal of Medical Virology, sebagian mutasi pada varian mu juga ditemukan pada variant of concern lainnya, dan sebagian mutasi merupakan mutasi baru.

Menurut peneliti di Roma, varian mu tampak memiliki mutasi yang serupa dengan variant of concern Alpha, Beta, dan Gamma. Di sisi lain, European Centre for Disease Prevention and Control mengungkapkan bahwa varian mu memiliki mutasi yang juga dimiliki oleh varian Delta.

Jumlah kasus varian mu

Menurut GISAID, varian mu telah terdeteksi setidaknya di 40 negara di dunia. Sejauh ini, sudah ada 852 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi disebabkan oleh varian mu.

Di Britania Raya, terdapat 48 kasus Covid-19 akibat varian mu. Sebanyak 44 kasus terdapat di Inggris, dua kasus di Skotlandia, satu kasus di Irlandia Utara, dan satu kasus di Wales.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA