Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Turki Selamatkan 172 Pencari Suaka di Laut Aegea

Kamis 02 Sep 2021 18:51 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Anggota tim SAR Turki di Laut Aegea.

Anggota tim SAR Turki di Laut Aegea.

Foto: REUTERS
Turki mengecam langkah Yunani yang kerap mendorong kembali pencari suaka.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Penjaga Pantai Turki menyelamatkan total 172 pencari suaka dari Provinsi Izmir sejak Ahad (29/8). Pada Ahad, 72 pencari suaka diselamatkan di dekat Distrik Menderes di Izmir setelah didorong kembali oleh otoritas pantai Yunani.

Pada 30 Agustus, 32 pencari suaka yang didorong mundur oleh otoritas Yunani diselamatkan dari Distrik Cesme. Kemudian 30 pencari suaka yang meminta bantuan di Distrik Karaburun diselamatkan oleh Penjaga Pantai Turki.

Penjaga Pantai Turki juga menyelamatkan 31 pencari suaka di dekat Distrik Dikili dan tujuh lainnya di luar Distrik Foca pada 31 Agustus. Setelah pemeriksaan rutin, mereka dibawa ke otoritas migrasi provinsi.

Sumber, https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-selamatkan-172-pencari-suaka-di-laut-aegea/2353427.

Baca Juga

Turki telah berulang kali mengutuk praktik ilegal Yunani dalam mendorong kembali pencari suaka. Hal itu melanggar nilai-nilai kemanusiaan dan hukum internasional dengan membahayakan kehidupan migran yang rentan, termasuk perempuan dan anak-anak.

Sementara itu, sedikitnya empat migran gelap ditahan di Provinsi Kocaeli, Turki, Kamis pagi. Mereka ditangkap di dalam bus di pos pemeriksaan keamanan dan polisi juga menangkap pengemudinya.

Turki telah menjadi titik transit utama bagi pencari suaka yang ingin menyeberang ke Eropa untuk memulai kehidupan baru, terutama mereka yang melarikan diri dari perang dan penganiayaan.

sumber : Anadolu
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA