Kamis 02 Sep 2021 13:40 WIB

Kota New York Kebanjiran

New York banjir karena terimbas dari hantaman Badai Ida.

Rep: Fergi Nadira/Dwina/ Red: Teguh Firmansyah
Sebuah kereta golf menavigasi jalan yang banjir di Pusat Tenis Nasional Billie Jean King saat hujan lebat dari sisa-sisa Badai Ida melanda daerah itu di Flushing Meadows, New York, AS, 1 September 2021.
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Sebuah kereta golf menavigasi jalan yang banjir di Pusat Tenis Nasional Billie Jean King saat hujan lebat dari sisa-sisa Badai Ida melanda daerah itu di Flushing Meadows, New York, AS, 1 September 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Wali Kota New York City, Bill de Blasio mengumumkan keadaan darurat menyusul banjir yang meluas di seluruh kota imbas dari Badai Ida, Rabu (1/9) malam waktu setempat. Keadaan darurat ini diputuskan menyusul kekhawatiran pemerintah akan bahaya buat warga di jalan-jalan kota.

Wali Kota New York mengimbau masyarakat untuk tak keluar rumah karena cuaca dan bencana yang masih tak menentu akibat badai Ida. "Tolong jangan keluar dari jalanan malam ini dan biarkan responden pertama dan layanan darurat kami menyelesaikan pekerjaan mereka. Jika Anda berpikir untuk pergi keluar, jangan. Jauhi kereta bawah tanah. Jauhi jalan. Jangan mengemudi ke jalan yang berat. Tetap di dalam," katanya di Twitter.

Baca Juga

Hampir seluruh jalur kereta bawah tanah New York dihentikan pada Rabu malam karena banjir. Foto-foto di media sosial menunjukkan air menggenang di atas peron kereta bawah tanah. "Layanan kereta bawah tanah akan beroperasi sangat terbatas," kata Otoritas Transit Metropolitan.

Penjabat ketua dan CEO Metropolitan Transportation Authority (MTA), Janno Lieber mengatakan, responden pertama telah mengevakuasi orang-orang dari kereta bawah tanah.

Badai Tropis Ida menghantarkan hujan lebat dan ancaman banjir bandang hingga tornado ke bagian utara Atlantik tengah.

Baca juga : Spanyol Capai Target Vaksinasi Covid-19 Bagi 70% Penduduknya

Otoritas lokal mengimbau di Twitter resminya, bahwa semua kendaraan non-darurat dilarang melintas atau berada di jalan-jalan kota New York sampai Kamis (2/9) pukul 05.00 waktu setempat. Setidaknya lima keadaan darurat banjir bandang dikeluarkan pada Rabu malam oleh National Weather Service mulai dari barat Philadelphia melalui utara New Jersey.

Sebelumnya pada malam hari, Gubernur New Jersey Phil Murphy juga menyatakan keadaan darurat sebagai tanggapan atas Ida. Kerusakan akibat badai Ida mengejutkan para pejabat tiga hari setelah badai dahsyat menerjang Louisiana selatan.

Banyak kota hancur karena amukan angin kencang dan hujan lebat yang menyebabkan banjir besar. Tornado yang ditimbulkan oleh badai merobek bagian Pennsylvania dan New Jersey. Sedikitnya sembilan rumah hancur di Mullica Hill, New Jersey, stasiun televisi NBC10 Philadelphia melaporkan.

Bandara Newark Liberty New Jersey mengatakan di Twitter bahwa bandara mengalami banjir parah. Bandara hanya akan melakukan operasi penerbangan terbatas hampir tengah malam setelah semua aktivitas penerbangan ditangguhkan pada Rabu malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement