Kamis 02 Sep 2021 13:01 WIB

Mengenal Covid-19 Varian Mu, Gejala dan Penularannya

Varian mu masuk dalam daftar pantauan WHO.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi virus corona.
Foto: Pixabay
Ilustrasi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Strain virus corona baru telah ditambahkan ke daftar pantauan variant of interest Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Strain mu, juga disebut B.1.621, telah terdaftar sebagai variant of interest pada 30 Agustus 2021. 

Varian mu pertama kali terekam catatan medis di Kolombia pada Januari 2021. Di sana, mu bertanggung jawab atas 852 kasus, menurut inisiatif pelacakan COVID GISAID. Menurut data dari GISAID, strain telah terdeteksi di setidaknya 40 negara dan di 49 negara bagian di seluruh AS. 

Baca Juga

Ada 48 kasus strain mu di Inggris dengan dua kasus terjadi dalam seminggu menjelang 25 Agustus 2021. Strain ini berbagi mutasi dengan varian lain, termasuk varian delta yang saat ini mendominasi kasus Covid-19 di Inggris dan Amerika Serikat. 

Para ahli, yang berbasis di Roma, mempelajari penyebaran mu di Italia. Mereka mengatakan, strain tersebut memiliki mutasi yang juga ditemukan pada varian alpha, beta, dan gamma. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa, varian mu juga membawa mutasi yang ditemukan pada varian delta.

"Saya senang (varian mu) akhirnya ditetapkan sebagai variant of interest oleh WHO," kata spesialis penyakit menular Dr Paúl Cárdenas, dilansir dari BBC Science Focus pada Kamis (2/9).

Cárdenas menjelaskan, mu ditetapkan sebagai variant of interest karena strain mu membawa beberapa mutasi ke gen spike. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Medical Virology menyatakan, beberapa mutasi mu ditemukan dalam varian lain yang menjadi perhatian. 

 

 

Apakah varian mu lebih menular? 

Saat ini sangat sedikit penelitian yang meneliti varian mu. Karena penelitian tentang varian khusus ini masih dalam tahap awal sehingga terlalu dini untuk mengetahui apakah jenisnya lebih menular atau lebih parah daripada varian lainnya. 

 

Apa saja gejala varian mu? 

Varian mu tampaknya memiliki gejala yang sama dengan semua jenis virus corona lainnya. Gejala utama Covid-19 menurut badan kesehatan Inggris (NHS) adalah:

 

1. Suhu tinggi

 

Ini berarti Anda merasa panas untuk menyentuh dada atau punggung Anda (Anda tidak perlu mengukur suhu Anda). 

 

2. Batuk terus-menerus

 

Ini berarti batuk banyak selama lebih dari satu jam, tiga atau lebih episode batuk dalam 24 jam (jika Anda biasanya batuk, mungkin lebih buruk dari biasanya) 

 

3. Kehilangan atau perubahan pada indra penciuman atau pengecap

 

Ini berarti menyadari bahwa Anda tidak dapat mencium atau merasakan apa pun, atau hal-hal yang berbau atau terasa berbeda dari biasanya.

 

NHS mengatakan bahwa kebanyakan orang yang memiliki gejala Covid-19 akan memiliki setidaknya satu dari gejala di atas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement