Rabu 01 Sep 2021 17:26 WIB

30 Persen Spesies Pohon Dunia Terancam Punah

Terdapat 17.500 spesies pohon yang berisiko punah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Sepertiga spesies pohon di dunia berada dalam risiko kepunahan.
Foto: blogspot
Sepertiga spesies pohon di dunia berada dalam risiko kepunahan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -– Botanic Gardens Conservation International (BCGI) mengungkapkan sepertiga spesies pohon di dunia berada dalam risiko kepunahan. Penemuan itu menunjukkan pentingnya tindakan penyelamatan.

 

Baca Juga

Dalam laporan bertajuk, State of the World’s Trees, yang diterbitkan pada Rabu (1/9), BCGI menyebut terdapat 17.500 spesies pohon yang berisiko punah. Jumlah itu sekitar 30 persen dari total spesies yang diketahui. Sementara 440 spesies memiliki kurang dari 50 pohon di alam liar.

 

Laporan itu mengatakan, secara keseluruhan, jumlah spesies pohon terancam punah berjumlah dua kali lipat gabungan mamalia, burung, amfibi, dan reptil dengan kondisi serupa. “Laporan ini adalah peringatan bagi semua orang di seluruh dunia bahwa pohon membutuhkan bantuan,” kata Sekretaris Jenderal BGCI Paul Smith dalam sebuah pernyataan.

 

Magnolia dan dipterocarps adalah spesies pohon yang masuk dalam daftar terancam punah. Kedua spesies itu umumnya ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara. Pohon ek, maple, dan eboni juga terancam.

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement