Selasa 31 Aug 2021 17:13 WIB

Kepala Komado Pasukan AS Puji Taliban

Taliban sangat membantu pengamanan bandara Kabul

Jenderal Korps Marinir S Kenneth McKenzie tiba di Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, 17 Agustus 2021
Foto: rt.com
Jenderal Korps Marinir S Kenneth McKenzie tiba di Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, 17 Agustus 2021

IHRAM.CO.ID, -- Kepala Komando Pusat AS mengakhiri upaya perang 20 tahun dengan memuji Taliban. Ini karena membantu upaya evakuasi Kabul, tetapi mengakui bahwa ratusan orang Amerika harus ditinggalkan.

“Mereka sebenarnya sangat membantu dan berguna bagi kami saat kami menutup operasi,” kata Jenderal Marinir Kenneth McKenzie tentang Taliban pada hari Senin (30/8), dalam konferensi pers Pentagon seperti dilansir RT.Com.

Dia menambahkan bahwa kelompok Islam membantu mengamankan lapangan terbang di bandara Kabul. Dan diakuinya memang 'tidak sempurna', tetapi mereka memberikan upaya yang sangat baik."Dan itu sebenarnya sangat membantu kami, terutama di sini pada akhirnya."

Selain harus pergi tanpa menyelesaikan evakuasi semua orang Amerika di negara itu, AS memang harus meninggalkan ribuan sekutu Afghanistannya yang kini tengah takut terbunuh di tangan teroris Taliban atau ISIS-K.

"Ini bukan kemenangan," kata mantan kepala staf Gedung Putih Mark Meadows di Twitter. “Ini adalah aib nasional dan kegagalan kepemimpin.”

Pujian McKenzie terhadap Taliban sangat mengejutkan para kritikus, seperti kontributor Fox News dan mantan Sersan USMC Joey Jones. “Konferensi pers oleh Jenderal McKenzie ini telah berbuat lebih banyak untuk merusak layanan dan pengorbanan kami daripada apa pun yang saya lihat dalam 11 tahun sejak cedera saya,” kata Jones, yang kehilangan kedua kakinya saat bertugas di Afghanistan.

McKenzie mengatakan Taliban telah "sangat pragmatis dan sangat bisnis" ketika misi militer AS di Afghanistan berakhir. Kelompok itu tidak hanya memiliki kepentingan yang sama dengan Pentagon – mengeluarkan pasukan AS dari negara itu – katanya, tetapi AS juga mengatakan kepada mereka “kami akan menyakiti Anda” jika Taliban menentang upaya evakuasi.

Oleh karena itu, pejabat militer Amerika itu pun yakin bahwa setiap serangan di tengah upaya penarikan akhir akan datang dari ISIS-K, bukan dari Taliban, kata McKenzie. Dia menambahkan bahwa serangan pesawat tak berawak AS pada hari Minggu terhadap teroris ISIS-K – yang dilaporkan menewaskan 10 warga sipil, termasuk tujuh anak-anak – mengganggu kemampuan kelompok itu untuk melakukan serangan di menit-menit terakhir.

Namun, McKenzie mengatakan ISIS-K tetap menjadi "kekuatan mematikan," dengan setidaknya 2.000 "pejuang garis keras," dan akan menciptakan tantangan bagi Taliban. Dia mengatakan Taliban akan menderita konsekuensi dari membebaskan ratusan teroris ISIS-K dari penjara.

Pasukan AS memberikan harapan untuk mengevakuasi lebih banyak orang Amerika di jam-jam terakhir sebelum jet terakhir lepas landas, tetapi McKenzie mengatakan tidak ada yang bisa mencapai bandara.

Jenderal Angkatan Darat Christopher Donahue dan duta besar AS untuk Afghanistan Ross Wilson adalah dua orang terakhir yang menginjak pesawat terakhir, katanya, tetapi tidak ada warga sipil Amerika yang berhasil mencapai lima jet terakhir untuk meninggalkan negara itu.

"Ada banyak patah hati yang terkait dengan kepergian ini," kata McKenzie. “Kami tidak mengeluarkan semua orang yang ingin kami keluarkan. Tapi saya pikir jika kami tinggal 10 hari lagi, kami tidak akan mengeluarkan semua orang yang ingin kami keluarkan, dan masih akan ada orang yang kecewa dengan itu. Ini situasi yang sulit."

Pemerintahan Biden telah berjanji untuk menggunakan “daya ungkitnya” melawan Taliban untuk memastikan bahwa orang Amerika yang tersisa di Afghanistan dan sekutu Afghanistan akan diizinkan meninggalkan negara itu. McKenzie mengatakan bahwa meskipun militer melumpuhkan senjata dan peralatan lain yang harus ditinggalkannya, mereka meninggalkan truk pemadam kebakaran dan peralatan lain yang diperlukan untuk mengoperasikan bandara Kabul untuk membantu melanjutkan penerbangan sipil sesegera mungkin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement