Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Deretan Penyakit Infeksi Selain Covid yang Perlu Diwaspadai

Selasa 31 Aug 2021 15:46 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Rontgen paru. Penyakit infeksi seperti tuberkulosis (TBC) memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia.

Rontgen paru. Penyakit infeksi seperti tuberkulosis (TBC) memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia.

Foto: Nova Wahyudi
IDI mengingatkan masih ada penyakit infeksi selain Covid-19 yang perlu diwaspadai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih mengingatkan masih ada sejumlah penyakit infeksi selain Covid-19 yang tingkat kasusnya masih tinggi. Penyakit tersebut perlu diwaspadai, terutama menjelang musim hujan.

"Jelang musim hujan ada penyakit infeksi seperti demam berdarah yang jumlah kasusnya banyak dan tingkat kematiannya masih tinggi sekali," ujar Daeng dalam diskusi virtual pada Selasa.

Selain demam berdarah, Daeng menyebutkan, penyakit infeksi seperti tuberkulosis (TBC) dan HIV juga memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia. Bahkan, jumlah kasusnya menduduki rangking lima besar di dunia.

"Ini belum termasuk beberapa penyakit yang sudah kita coba eradikasi seperti polio, namun di beberapa wilayah kasusnya masih tetap muncul ke permukaan," jelas Daeng.

Tingginya jumlah kasus penyakit infeksi di Indonesia seperti mematahkan pernyataan para pakar bahwa penyakit infeksi telah mengalami banyak penurunan dan banyak kasus mengarah pada penyakit gaya hidup. Penyakit gaya hidup ini adalah jenis penyakit tidak menular, yang umumnya disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik, makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol berlebihan, konsumsi narkoba, dan merokok.

"Tapi kenyataannya penyakit infeksi ini masih banyak, tidak hilang juga, malah bertambah penyakit akibat pandemi corona. Ini harus diperhatikan oleh masyarakat supaya lebih waspada," jelas Daeng.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA