Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Wasiat Sayyidina Ali Bin Abi Thalib tentang Ilmu

Selasa 31 Aug 2021 06:17 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Wasiat Sayyidina Ali bin Abi Thalib tentang Ilmu

Wasiat Sayyidina Ali bin Abi Thalib tentang Ilmu

Foto: Mahmud Muhyidin
Ilmu adalah air yang mengalir dan tidak meninggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sayyidina Ali bin Abi Thalib merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang terkenal akan kecerdasan dan kebijaksanaannya. Termasuk di bidang ilmu dan akhlak. 

Syekh Aidh Al-Qarni dalam kitab Sentuhan Spiritual terbitan Al-Qalam menjelaskan Sayyidina Ali pernah berwasiat kepada Kamil bin Ziyad tentang ilmu. 

Baca Juga

Dia berkata, "Wahai Kamil, ilmu itu lebih baik dari pada harta. Ilmu akan menjagamu, sedang harta, engkaulah yang harus menjaganya. Ilmu semakin bertambah dengan mendermakannya, sedang harta akan semakin berkurang,". 

Dijelaskan oleh Syekh Aidh bahwa, satu jam yang dihabiskan oleh seorang Muslim untuk mencari ilmu itu lebih baik daripada dunia dan isinya. Sebab ilmu adalah air yang mengalir dan tidak meninggi. 

Dia (ilmu) mengenai bentuk-bentuk yang seseorang kehendaki. Ilmu diibaratkan sebagai gudang yang tidak takut akan maling. Dia ringan dibawa dan ditemukan di tempat manapun. Ilmu akan bertambah apabila kita memberikannya, dan akan berkurang jika kita mengepalnya. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA