Selasa 31 Aug 2021 06:07 WIB

10 Masjid Tercantik di Dunia

Setiap masjid umumnya memiliki gaya arsitekturnya masing-masing yang khas dan menarik

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
 Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi
Foto: Google.com
Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Muslim. Masjid berasal dari kata bahasa Arab, yang secara harfiah berarti "tempat sujud sebagai sebagai bentuk ibadah."

Masjid dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Terutama di negara mayoritas Muslim, hampir di setiap desa bahkan bisa ditemui bangunan untuk tempat sholat ini. Setiap masjid umumnya memiliki gaya arsitekturnya masing-masing yang khas dan menarik.

Architecture Youtube Channel mengurutkan sejumlah masjid terindah di seluruh dunia. Berikut 10 masjid terindah di dunia versi Architecture Youtube Channel, seperti dilansir di laman About Islam, Senin (30/8):

1. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi.

Masjid di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), ini adalah masjid terbesar ke-7 di dunia. Sistem pencahayaan yang dirancang secara unik mencerminkan bentuk dari bulan. Warna masjid berangsur-angsur bergeser dari putih ke biru yang lebih dalam mengikuti evolusi siklus bulan.

2. Masjid Biru, Istanbul, Turki

Masjid ini merupakan masjid pertama di Turki dengan enam minaret (menara). Masjid Biru (Blue Mosque) atau Masjid Sultanahmet adalah salah satu landmark di Istanbul, yang merupakan warisan bersejarah dari era Ottoman (Utsmaniyah). Masjid ini dikenal sebagai Blue Mosque karena memiliki lebih dari 20.000 ubin Iznik yang digunakan dalam pembangunannya.

3. Masjid Kristal, Terengganu, Malaysia

Masjid Kristal terletak di kota pesisir Kuala Terengganu di negara bagian Terengganu, Malaysia. Masjid ini terbuat dari baja dan kaca, dan menyajikan veneer seperti kristal yang menciptakan kesan indah di setiap yang berbeda dalam sehari.

Masjid Kristal berdiri di Taman Tamadun Islam atau Islamic Heritage Park di sebuah pulau buatan yang disebut Wan Man. Masjid ini dibangun dari 2006-2008, dan memiliki kapasitas 1.500 jamaah dalam satu waktu.

4. Masjid Qolsarif di Kazan, Rusia

Masjid Qolsharif adalah masjid terbesar di Rusia. Masjid ini dibangun di Kazan Kremlin pada abad ke-16. Bangunan masjid tersebut dinamai seorang penyair terkenal asal Kazan, Qalsharif, yang juga pernah berjuang mempertahankan Kazan dari pendudukan Rusia.

Konon, Qolsarif sendiri yang merancang arsitektur masjid yang bergaya tradisional Wolga Bulgaria. Sempat hancur karena agresi Ivan atas tanah Kazan pada 1552, masjid ini dibangun ulang pada 1996 dengan desain Renaisans dan Turki Utsmani.

5. Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan

Masjid Badshahi tampak indah dengan halaman masjid yang begitu luas. Nama masjid ini berasal dari bahasa Persia, yang berarti Masjid Sang Raja. Masjid ini dibangun pada 1673 Masehi oleh Raja Mughal Keenam, Raja Aurangzeb Alamgair putra Raja Shah Jahan, yang membangun Taj Mahal.

Masjid ini disebut pernah mendapat gelar sebagai masjid terbesar di dunia selama 313 tahun, hingga akhirnya Masjidil Haram selesai diperluas pada 1986. Bangunan masjid ini tampak uni dan mencolok karena dinding masjid dibangun dengan bata-bata kecil yang dibakar, tetapi memiliki finishing batu pasir merah.

Hiasan ukiran serta ornamen di setiap sisi tembok juga membuat masjid ini lebih indah. Masjid ini memiliki kapasitas 55 ribu jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement