Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Mengenal Syirkul Asbab, Salah Satu Jenis Syirik

Senin 30 Aug 2021 09:36 WIB

Red: Ani Nursalikah

Mengenal Syirkul Asbab, Salah Satu Jenis Syirik

Mengenal Syirkul Asbab, Salah Satu Jenis Syirik

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang/ca
Dalam Alquran, kata syirik disebutkan 227 kali dengan makna berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Pertanyaan:

Baca Juga

Assalamu ’alaikum Wr. Wb.

Saya membaca tulisan ustadz Muammal Hamidy dari Bangil Jawa Timur, dalam lembaran dakwah Uswatun Hasanah No. 976 tanggal 21 Jumadal Akhir 1428 H / 6 Juli 2007 M, terbitan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jakarta yang menguraikan tentang syirik itu ada 6 (enam) macam. Satu di antaranya adalah Syirkul Asbab, yaitu menyandarkan sesuatu kepada sebab, bukan kepada kekuasaan Allah SWT.

Dalam keseharian saya selalu mengurai permasalahan itu dari sebab akibat. Misalnya orang kecelakaan, saya telusur misalnya karena malam sebelumnya dia tidak tidur dan habis bekerja. Dari kejadian ini saya mengambil kesimpulan bahwa yang terkena musibah kecelakaan ini, karena kantuk dan lelah memaksakan diri mengendarai kendaraan.

Karena saya akan mengambil ibrah (pelajaran) dari sebab akibat kecelakaan, agar dalam bertindak selalu melihat kondisi badan. Di samping itu Islam juga mengakui adanya hukum sebab akibat. Oleh karena itu saya mohon penjelasan bagaimana sikap saya dalam menghadapi uraian dari ustadz Muammal Hamidy tersebut agar tidak terperosok ke dalam syirkul asbab tersebut, serta mohon dijelaskan pengertian dan macam-macamnya dengan rinci.

Wassalamu ’alaikum Wr. Wb.

Sujoko, Cabang Muhammadiyah Ampel Boyolali Jawa Tengah (disidangkan pada Jum’at, 22 Shaffar 1429 H / 29 Februari 2008 M)

Baca juga : Gerakan Budaya Literasi Tumbuhkan Cinta pada Nabi SAW

Jawaban:

Sebelum menjawab pertanyaan saudara, kami jelaskan lebih dahulu pengertian syirik dan macam-macamnya sebagaimana saudara harapkan. Kata ‘syirik’ (شِرْكٌ  ), berasal dari kata ‘syarika’ (شَرِكَ  ) yang berarti: berserikat, bersekutu, bersama atau berkongsi. Arti lughawi (bahasa) ini mengandung makna bersama-sama antara dua orang atau lebih dalam satu urusan atau keadaan.

Dalam al-Qur’an, kata syirik dengan berbagai bentuknya disebutkan 227 kali dengan makna yang berbeda-beda sesuai dengan konteksnya, antara lain:

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA