Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Rp555 Juta Donasi Pembaca Republika untuk Palestina

Jumat 27 Aug 2021 19:45 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kedua kiri) menyerahkan bantuan kepada Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad (kedua kanan), Direktur Aman Palestin Indonesia  Miftahuddin Kamil (kanan) dan Ketua Umum Aksi Insan Nusantara Doddy C.H Putra (kiri) di kantor Republika, Jakarta, Jumat (27/8). Republika menyalurkan bantuan dari pembaca Republika kepada sejumlah lembaga kemanusian untuk disalurkan dalam bentuk kendaraan ambulan, perpustakaan, dan alat penunjang pendidikan untuk 300 anak di Palestina. Republika/Thoudy Badai

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kedua kiri) menyerahkan bantuan kepada Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad (kedua kanan), Direktur Aman Palestin Indonesia Miftahuddin Kamil (kanan) dan Ketua Umum Aksi Insan Nusantara Doddy C.H Putra (kiri) di kantor Republika, Jakarta, Jumat (27/8). Republika menyalurkan bantuan dari pembaca Republika kepada sejumlah lembaga kemanusian untuk disalurkan dalam bentuk kendaraan ambulan, perpustakaan, dan alat penunjang pendidikan untuk 300 anak di Palestina. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai
Donasi pembaca Republika untuk ambulans, masjid, dan perpustakaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Republika kembali menggalang donasi dari para pembaca untuk membantu warga Palestina di wilayah Gaza dalam program "Kami Bersama Palestina." Donasi yang dihimpun Republika sejak 17 Mei sampai 9 Juni 2021 tersebut terkumpul sebesar Rp 555 juta.

Pemimpin Redaksi (Pemred) Republika, Irfan Junaidi, menyampaikan, dalam kesempatan ini Republika menunaikan amanat dari pembaca Republika untuk menyalurkan donasi ke warga Palestina. Donasi tersebut disaluran untuk tiga program yang dibutuhkan warga Palestina.

Baca Juga

"Pertama adalah program pengadaan ambulans, karena memang di sana pasti sangat perlu Ambulans, mengingat sering terjadi serangan dari pihak penjajah yakni Israel," kata Irfan usai menyerahkan bantuan secara simbolis untuk program "Kami Bersama Palestina" di kantor Republika, Jumat (27/8).

Dia menerangkan, di masa pandemi Covid-19, ambulans juga pasti sangat dibutuhkan untuk mengangkut warga Palestina yang sakit dan terluka akibat serangan Israel. 

Ambulans tersebut dibeli dari Turki dan akan dioperasikan Jabalia Medical Center di Gaza. Program pengadaan Ambulans ini diinisasi Republika dan Aksi Insan Nusantara (AIN).

Irfan mengatakan, dua program berikutnya terkait dengan pendidikan. Yakni pendistribusian 300 paket peralatan sekolah untuk anak-anak Palestina di Gaza. Ini adalah paket lengkap berisi tas, buku, alat tulis dan lain-lain. Program ini diinisiasi Republika dan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

Dia menambahkan, selanjutnya program pembangunan perpustakaan di Masjid Syekh Ajlin di Gaza. Untuk diketahui, Masjid Syekh Ajlin yang awalnya rusak total akibat serangan Israel sedang dibangun kembali Aman Palestin Indonesia dan berbagai pihak.

"Perpusatakaan ini juga menjadi elemen penting untuk pembelajaran dan juga untuk pengayaan ilmu bagi warga Palestina," ujar Irfan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA